PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL: ANALISIS KONTEN DAN KETERLIBATAN PELANGGAN
Keywords:
Analisis Konten, Media Sosial, Keterlibatan PelangganAbstract
Instagram dan media sosial bertautan erat dengan perkembangan dunia pemasaran. Penelitian ini mencermati akun media sosial produk dan merek popular di Instagram dan menganalisis bagaimana keterlibatan pelanggan dengan konten yang diunggah oleh akun tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis konten (content analysis) yang dilakukan terhadap tujuh akun media sosial dengan pengikut terbanyak selama kurun waktu dua bulan. Gambar yang diunggah, keterangan pada gambar, serta jumlah likes dan comment pada setiap konten kemudian dianalisis untuk mendapatkan preferensi pengguna Instagram. Karakteristik dan jenis konten yang diunggah akun-akun ini beragam. Akun dengan keteribatan pelanggan paling tinggi merupakan akun dengan konten sosial dan informasi yang memiliki interaktivitas dan kejelasan konten yang cukup tinggi.
References
Barger, V., Peltier, J. W., & Schultz, D. E. (2016). Social media and consumer engagement: a review and research agenda. Journal of Research in Interactive Marketing, 10(4), 268- 287.
Cvijikj, I. P., & Michahelles, F. (2013). Online engagement factors on Facebook brand pages. Social Network Analysis and Mining, 3(4), 843–861.
De Vries, L., Gensler, S. and Leeflang, P.S. (2012), “Popularity of brand posts on brand fan pages: an investigation of the effects of social media marketing”, Journal of Interactive Marketing, Vol. 26 No. 2, pp. 83-91.
Duggan, M., Ellison, N. B., Lampe, C., Lenhart, A., & Madden, M. (2015). Social Media Update 2014. Pew Research Center.
Gheyle, N., & Jacobs, T. (2017). Content Analysis: a short overview. Internal Research Note.
Retrieved from https://www. researchgate. net/profile/Niels_Gheyle/publication/32 1977528_Content_Analysis_a_short_overview/links/5a3bee680f7e9b10e23bb2f9/C ontent-Analysis-a-short-overview. pdf.
Negara, E. S. (2017). Kajian Terhadap Tools dan Framework Social Media Analytics Untuk Pemanfaatan Data Social Media Dalam Penelitian Ilmu Sosial. Jurnal Teknologi Technoscientia, 9(2), 132-138.
Neuendorf, K. A. (2016). The Content Analysis Guidebook. Sage Publishing.
Nisar, T. M., & Whitehead, C. (2016). Brand interactions and social media: Enhancing user loyalty through social networking sites. Computers in Human Behavior, 62, 743-753.
Saboo, A. R., Kumar, V., & Ramani, G. (2016). Evaluating the impact of social media activities on human brand sales. International Journal of Research in Marketing, 33(3), 524-541.
Sarah, I. S., Suhartanto, D., & Setiawati, L. (2018, October). Examining Electronic Word-Of- Mouth Communication in Social Media Context. In 2018 International Conference on Information Technology Systems and Innovation (ICITSI) (pp. 295-299). IEEE.
Sarah, I. S., Suhartanto, D., & Suhaeni, T. (2019, November). Assessing hierarchical model of word of mouth in social media: its implication for entrepreneurs. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 662, No. 3, p. 032024). IOP Publishing.
Van Belleghem, S., Eenhuizen, M., & Veris, E. (2011). Social Media Around the World 2011. InSites Consulting. Retrieved from http://www.slideshare.net/stevenvanbelleghem/social-media-aroundthe- world2011/download?lead=394fd930572c9b62fb082021af5a6d0922046ec4