Peran Mata Kuliah Pemasaran di Dalam Kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Authors

  • Tetty Rimenda Politeknik Negeri Jakarta
  • R. Elly Mirati

Keywords:

pemasaran, kampus merdeka, kurikulum akuntansi, wirausaha

Abstract

Permendikbud No3 tahun 2020 mengamanatkan bahwa Perguruan Tinggi wajib memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil 40 SKS diluar kampus (2semester). Konsekwensi dari peraturan ini adalah perubahan kurikulum. Kurikulum kampus merdeka bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat wirausaha pada mahasiswa. Mata kuliah pemasaran adalah salah satu mata kuliah yang memberi ketrampilan kepada mahasiswa untuk menjalain hubungan yang baik dengan dunia luar kampus, Ketrampilan ini yang sangat diperlukan untuk menumbuhkan semangat wirausaha bagi mahasiswa.. Tetapi pada kurikulum lama mata kuliah pemasaran sudah dihilangkan dari kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan riset eksploratory kepada alumni, dunia industry dan mahasiswa tentang pentingnya mata kuliah pemasaran di dalam kurikulum kampus merdeka, khususnya untuk program studu Akuntansi. Hasil penelitian dapat digunakan untuk memodifikasi kurikulum  prodi akuntansi yang dapat mengadopsi konsep kampus merdeka..Metode penelitian menggunakan eksploratory riset dan content analysis yang berfokus kepada pemasaran berbasis tehnologi. Responden berjumlah 30 orang alumni, dan 3 orang dari dunia industri. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gabungan dari mata kuliah pemasaran, digital marketing dan selling yang berbasis tehnologi masih dibutuhkan untuk kegiatan wirausaha kurikulum MBKM.  Metode MBKM yang dipilih adalah Proses Belajar Model Non Blok Diluar Kampus. Untuk penelitian selanjutnya, diusulkan agar dilakukan penelitian untuk 8 kegiatan yang ditawarkan oleh MBKM

Downloads

Published

2021-11-23