Pendidikan Akuntansi Multiparadigma: Belajar Diri Menuju Akuntansi Pancasila

Authors

  • Zulkarim Salampessy Politeknik Negeri Ambon

Keywords:

Pendidikan Akuntansi, Multiparadigma, Belajar, Diri

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkap pengalaman belajar mengenal diri sendiri pada Pendidikan Akuntansi Multiparadigma, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang (PAM FEB-UB), sehingga mampu menghasilkan karya akuntansi keindonesiaan. Peneliti menggunakan autobiografi sebagai salah satu bagian dari penelitian naratif, dalam mengungkap pengalaman belajar mengenal diri pada PAM FEB-UB. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada PAM FEB-UB, di antaranya dengan belajar berkomunikasi dengan Dosen, berkomunikasi dengan diri sendiri, berkomunikasi dengan lingkungan sekitar, dan berkomunikasi dengan Tuhan, sebagai cara belajar mengenal diri sendiri, sehingga mampu menghasilkan karya akuntansi keindonesiaan, atau akuntansi Pancasila. PAM FEB-UB dapat menginspirasi perguruan tinggi lain di Indonesia untuk merancang dan menyelenggarakan pendidikan akuntansi yang memfasilitasi mahasiswa belajar mengenal dirinya, sehingga menghasilkan karya akuntansi keindonesiaan dan mengimplementasikannya di dalam kehidupan masyarakat.

Downloads

Published

2021-11-23