E-Filling System Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Peran Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi

Authors

  • Mis Fertyno Situmeang Politeknik Negeri Ambon
  • Semy Pesireron Politeknik Negeri Ambon

Keywords:

Penerapan E-Filling Sistem, Sosialisasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh variabel bebas yaitu; penerapan e-filling system terhadap  kepatuhan wajib pajak, serta pengaruh varibel sosialisasi perpajakan dalam memoderasi hubungan penerapan e-fillingsystem terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  purposive sampling serta pengumpulan data menggunakan metode survey. Analisis yang digunakan adalah Moderate Regression Analysis(MRA) atau uji interaksi dengan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koofisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh bersama-sama dengan tingkat kepercayaan 0,005 atau 5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan e-filling system terhadap kepatuhan wajib pajak. Selanjutnya, variabel moderasi sosialisasi perpajakan berpengaruh positif signifikan dalam memoderasi hubungan antara penerapan e-filling system dengan kepatuhan wajib pajak.

Downloads

Published

2021-11-23