Desain Kurikulum Diploma II Operasionalisasi Perpajakan Sektor Privat & Publik Jalur Cepat

Authors

  • Ivoletti Merlina Walukow Politeknik Negeri Manado
  • Jerry Sonny Lintong Politeknik Negeri Manado
  • Susy Amelia Marentek Politeknik Negeri Manado
  • Alpindos Toweula Politeknik Negeri Manado

Keywords:

Kurikulum, Perpajakan Privat & Publik

Abstract

Direktur jenderal pendidikan vokasi, kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi meningkatkan kompetensi lulusan vokasi dengan melakukan berbagai program, salah satunya yaitu fast track pada SMK menuju Diploma 2 (D2) dengan hanya menempuh 1,5 tahun pada jenjang D2. Perubahan kurikulum menjadi dasar untuk meningkatkan keterserapan lulusan pendidikan vokasi. Kurikulum pada pendidikan vokasi tidak boleh terlalu kaku dan tidak boleh terlalu banyak berisi teori. Diharuskan banyak materi terapan yang diajarkan untuk siswa atau mahasiswa vokasi.

Kompetensi merupakan kunci utama bagi para lulusan pendidikan vokasi. Lulusan kompeten adalah mereka yang memiliki bekal hard skills, soft skills, dan pendidikan karakter yang berguna pada saat mereka terjun langsung dalam dunia usaha dan dunia industri. Pada dua semester akhir program tersebut bakal diisi oleh magang di dunia industri.

Polimdo merupakan salah satu perguruan tinggi, yang harus melaksanakan program tersebut, Oleh karenanya diperlukan usaha yang keras dalam penyusunan kurikulum dengan melibatkan IDUKA, agar link and super match dunia Pendidikan dan IDUKA menjadi hal yang prioritas. Bahkan keterlibatan IDUKA bukan hanya sebatas menyusun kurikulum bersama, tetapi diperlukan keterlibatan industri dalam program pembelajaran di kampus.

Downloads

Published

2021-11-23