Peran Selebriti Endorse Terhadap Kepercayaan Konsumen Menengah Atas Pada Produk UKM

Authors

  • Elisabeth Yansye Metekohy Politeknik Negeri Jakarta
  • Endang Purwaningrum Politeknik Negeri Jakarta
  • Darna Politeknik Negeri Jakarta
  • Fatimah Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Selebriti Endorse, Produk UKM, Menengah Atas, Tingkat Kepercayaan

Abstract

Pandemi covid-19 membuat perekonomian Indonesia mengalami penurunan daya beli konsumen.  Cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah memulihkan kepercayaan kelompok konsumen menengah atas yang masih memiliki daya beli. Tingkat kepercayaan tersebut akan mendorong peningkatan belanja barang dan jasa yang dijual oleh UKM . Promosi dengan menggunakan selebriti endorse melalui media sosial banyak digunakan Pelaku UKM.  Tujuan penelitian ini adalah untuk:  mengukur pengaruh langsung selebriti endorse kepada keputusan   membeli produk UKM dan  mengukur pengaruh tidak langsung  selebriti endorse terhadap keputusan  membeli produk UKM melalui variabel ntervening tingkat kepercayaan kepada produk.  Penelitian dilakukan di sekitar Jakarta, Bogor dan Depok, dengan populasi adalah kelompok menengah atas dengan penghasilan di atas  5 juta rupiah dan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Teknik sampling menggunakan  purposive non-random sampling, teknik ini dipilih karena tidak adanya data yang pasti mengenai jumlah anggota populasinya. Alat analisis menggunakan Path Analysis. Hasil perhitungan menunjukkan Selebriti Endorse hanya dapat mempengaruhi konsumen menengah atas untuk membeli produk UKM sebesar 3,1%, Sedangkan pengaruh tidak langsung dari  selebriti endorse mempengaruhi keputusan konsumen menengah atas untuk membeli produk UKM melalui variabel intervening tingkat kepercayaan kepada produk adalah  sebesar 59%. Saran kepada Pelaku UKM, harus  memilih selebriti endorse yang dapat memunculkan kepercayaan konsumen menengah atas kepada produk UKM.

Downloads

Published

2021-11-23