EVALUASI NILAI KEANDALAN GEDUNG DARI ASPEK PENGELOLAAN AIR LIMBAH DAN DRAINASE AIR HUJAN DI RSUD GENTENG

Authors

  • Rinda Ragil Ade Siswoyo Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Zulis Erwanto Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Siska Aprilia Hardiyanti Politeknik Negeri Banyuwangi

Keywords:

Drainase Gedung, IPAL, Keandalan Gedung

Abstract

RSUD Genteng merupakan pusat pelayanan kesehatan masyarakat Banyuwangi khususnya wilayah Genteng, oleh karena itu setiap harinya banyak pasien dan banyak aktifitas yang terjadi, sangat memungkinkan untuk terjadi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keandalan gedung RSUD Genteng dari aspek sistem pengelolahan air limbah dan drainase air hujan.Keandalan bangunan gedung dari aspek pengelolaan air limbah dan drainase air hujan berdasarkan Inspeksi Keandalan Gedung tahun 2016. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Untuk perhitungan kuesioner menggunakan skala likert dan alat bantu SPSS.Hasil pengujian skala likert pengelolaan air limbah diperoleh 76,7% dan drainase air hujan diperoleh 75,8% dengan kategori layak. Perhitungan observasi komponen pengelolaan air limbah adalah cukup andal dengan nilai 3,54 dan drainase air hujan cukup andal dengan nilai 3,71. Untuk validitas justifikasi profesional dari aspek pengelolaan air limbah yang terbanyak menyatakan layak, dengan presentase 37% dari 100 responden. Sedangkan justifikasi profesional dari aspek drainase air hujan yang terbanyak menyatakan layak, dengan presentase 49% dari 100 reponden. Justifikasi profesional dengan pengujian skala likert sudah cocok karena hasilnya menunjukkan layak. Maka dari itu pihak rumah sakit harus meningkatkan pemeliharaan gedung agar tetap bisa beroperasi dengan baik dan nyaman.

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta. ISBN 9-79518-018-5

Badan Standarisasi Nasional. 2015. SNI 8153:2015. 2015. Sistem Plambing Pada Bangunan Gedung. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Ditjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum. 2006. Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung. Jakarta: Ditjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum.

Gawei, A.B.P. and Yulianssy, D., 2018. Studi Pemeliharaan Bangunan Gedung Negara (Studi Kasus: Universitas Palangka Raya). Jurnal Teknika: Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Keteknikan, 1(2), pp.146-153.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2016. Prosedur Inspeksi Keandalan Bangunan Gedung. Bandung.

Makrup, I.L. and Albani Musyafa, S.T., 2018. Analisis Laik Fungsi Bangunan Hunian Vertikal (Studi Kasus: Gedung Rusunawa Kabupaten Sleman, Yogyakarta) (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Menteri Kesehatan. 2004. Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 1024/Menkes/SK/X Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta.

Mirajhusnita, I. 2017. Analisa Kelayakan Rumah Sakit Ramah Lingkungan Berdasarkan Evaluasi Keandalannya. Jurnal Lingkungan, 15(2): 33-40.

Sari, E.K., 2020. Analisa Kinerja Terhadap Keandalan Bangunan Dan Kondisi Sanitasi Lingkungan Pasar Baru Kabupaten Ogan Komering Ulu. Bearing: Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil, 6(1), pp.1-7.

Sari, T. M. 2018. Evaluasi Nilai Keandalan Gedung Rumah Sakit “JIH” Yogyakarta Dari Aspek Sistem Pengelolaan Air Limbah [Skripsi]. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Tyasneki, D. I. 2018. Evaluasi Nilai Keandalan Gedung Rumah Sakit “JIH” Yogyakarta Dari Aspek Saluran Drainase Dan Air Hujan [Skripsi]. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2002. Tentang Bangunan Gedung. Jakarta

Wiratno, W., 2014. A Study to Health Aspect of the Building of “Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Palangka Raya University”. Balanga, 2(2), pp.72-80.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Rinda Ragil Ade Siswoyo, Zulis Erwanto, & Siska Aprilia Hardiyanti. (2021). EVALUASI NILAI KEANDALAN GEDUNG DARI ASPEK PENGELOLAAN AIR LIMBAH DAN DRAINASE AIR HUJAN DI RSUD GENTENG. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(1), 526-536. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1008