PEMETAAN MODEL TETRAPRENEUR PADA RENCANA USAHA OUTLET BUM DESA AIR PUTIH JAYA

Authors

  • Yunelly Asra Polbeng
  • Hutomo Atman Maulana Polbeng

Keywords:

Tetrapreneur, Rencana Usaha, Outlet, BUM Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kelayakan usaha dengan memetakan model Tetrapreneur pada rencana usaha outlet BUM Desa Air Putih Jaya. Metode penelitian adalah Deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan survey, observasional dan In Deph Interview terhadap pengurus BUM Desa Air Putih Jaya dan masyarakat Bengkalis. Analisa data menggunakan teknik deskriptif asosiatif. Variabel penelitian adalah 4 pilar wirausaha (tetrapreneur) yaitu: Chainpreneur, Marketpreneur, Qualitypreneur dan Brandpreneur serta rencana usaha.. Pengumpulan data dilakukan secara probability sampling dengan Simple Random sampling terhadap 750 responden. Hasil penelitian ini adalah Peta model tetrapreneur pada rencana usaha outlet BUM Desa Air Putih Jaya adalah secara bersama-sama, Tetrapreneur menjadi faktor yang berpengaruh dalam rencana usaha outlet BUM Desaa Air Putih Jaya. Faktor Model Tetrapreneur yang paling berpengaruh terhadap rencana usaha outlet BUM Desa Air Putih Jaya adalah faktor Chainpreneur dan Qualitypreneur.

References

Asra, Y. 2015, Model Rangsang Tanggapan Konsumen Mahasiswa di Bengkalis, Inovbiz Politeknik Negeri Bengkalis, ISSN 2338-4840, Volume 3 Nomor 1, Juni 2105, hal 1-15

Fatimah, P. R. (2018), Mengembangkan Kualitas Usaha Milik Desa (Q-BUM DESA)untuk Melestarikan Ketahanan Ekonomi Masyarakat dan Kesejahteraan Adaptif: Perancangan Sistem Kewirausahaan Desa dengan Menggunakan Model Tetrapreneur. Jurnal Studi Pemuda, 7 (2), 122-132.

Ferrel and O. C. (2014). Business. USA: Mc-Graw Hill

Harmiati, A. A. Z., Zulhakim, A. A., & Sos, S. (2017). Eksistensi Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Dalam Mengembangkan Usaha dan Ekonomi Masyarakat Desa yang Berdaya Saing di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Unihaz Bengkulu, Cluster Ekonomi. Setnas ASEAN

Keller, K. L., & Aaker, D. A. (2019). The effects of sequential introduction of brand extensions. Journal of marketing research, 29(1), 35-50.

Melati, Karina Rima (2017), Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo dan Sekar Arum di Kota Yogyakarta, Indonesian Journal of Community Engagement Vol. 02, No. 02.

M. Noor, Chairil, Gartika Rahmasari (2018), Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Jurnal ABDIMAS BSI Vol. 1 No. 3, Hal. 454-464

Peraturan Menteri Dalam Negeri No, 39 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa

Rahmatika, D. N., Subroto, S., Indriasih, D., & Prihadi, D. (2020). Strategi Pengembangan Kualitas BUM Desa; Pendekatan Model Tetrapreneur Serta Kemitraan Dengan Perguruan Tinggi Dan Perbankan. Jurnal Industri reatif dan Kewirausahaan, e-ISSN: 2620-942X, Vol 2, No. 2, 2019

Sower, V. E. (2018). Essentials of quality with cases and experiential exercises. John Wiley & Sons.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Yunelly Asra, & Hutomo Atman Maulana. (2021). PEMETAAN MODEL TETRAPRENEUR PADA RENCANA USAHA OUTLET BUM DESA AIR PUTIH JAYA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 9-16. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1026