PENGARUH LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PARIWISATA DI INDONESIA

Authors

  • Variyetmi Wira Politeknik Negeri Padang
  • Yenida Politeknik Negeri Padang
  • Tuti Azra Politeknik Negeri Padang

Keywords:

leverage, nilai perusahaan, rasio keuangan, sektor pariwisata

Abstract

Penelitian bertujan untuk menguji pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan. Penelitian dilakukan pada industri sektor Pariwisata, Restoran dan Hotel, dan Sektor Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan periode 2014-2019. Data penelitian dikumpulkan melalui datastream dan website www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel pengambilan sampel menggunakanpurposive sampling, sehingga diperoleh 35 sampel perusahaan pertahun. Variabel leverage diukur dengan menggunakan debt rasio, time interest earned, dan debt equty ratio, sedangkan variabel nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Data penelitian telah memenuhi uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa hanya debt ratio yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan pada sektor penelitian. Model leverage yang telah dibentuk hanya mampu menjelaskan nilai perusahaan sebesar 11,2 persen, sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian.

References

Amin, M. Z., & Herawati, T. D. (2012). Pengaruh Tingkat Inflasi, Suku Bunga SBI, Nilai Kurs Dollar (USD/IDR). dan Indeks Dow Jones (DJIA) terhadap Pergerakan Indeks Harga SAham Gabungan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008-2011. Jurnal Skripsi, 13190276.

Butar, L. K. B., & Sadalia, I. (2019). Pengaruh Leverage dan Kualitas Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Journal of Maritime and Education, 1(1), 18–23.

Dewanto, A. K., Muslimin, & Kasim, Y. (2017). Pengaruh Rasio Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Industri Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 11–26.

Dewi Martha Sofia & Lena Farida. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sub Sektor Perdagangan Besar Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014. Jom Fisip, 4(2), 1–15.

Eugene F. Brigham dan Joel F. Houston. (2010). Fundamentals Of Financial management. In South-Western College Publication.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. In BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Gwenda, Z. (2013). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance ( GCG ) Pada Variabel Share Ownership, Debt Ratio, dan Sektor Industri terhadap Nilai Perusahaan. Business Accounting Review, 1, 137–150.

Kayobi;, I. G. M. A., & Anggraeni., D. (2015). Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Debt to Total Asset (DTA), Dividen Tunai, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 100–120.

Mery, K., Zulbahridar, Z., & Kurnia, P. (2017). Pengaruh Likuiditas, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 2000–2014.

Mushaf. (2017). Diplomasi Indonesia Melalui Kampanye Wonderful Indonesia Dalam Meningkatkan Pariwisata Indonesia di Dunia Internasional Tahun 2011-2015. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.

Nirwandar, S. (2005). Pembangunan Sektor Pariwisata di Era Otonomi Daerah. Ministry of Indonesian Tourism, 242–252. http://www.kemenpar.go.id/userfiles/file/ 440_1257-pembangunansektorpariwisata1.pdf

Nurhadi, F. (2014). Strategi Pengembangan Pariwisata Oleh Pemerintah Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(2), 325–331.

Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12 (April), 9–18.

Rahmantio, I., Saifi, M., & Nurlaily, F. (2016). Pengaruh Debt to Equity Ratio, Return On Equity , Return On Asset Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 57(1), 151–159.

Susanti, F. D., Topowijono, & Husaini, A. (2015). Pengaruh Debt Ratio , Debt To Equity Ratio, Dan Time Interest Earned Terhadap Return On Equity (Studi Pada Perusahaan Sektor Property , Real Estate , dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013 ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(1), 1–7.

Sutama, D. R., & Lisa, E. (2018). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sains Manajemen Dan Akuntansi, X(2), 65–85.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Variyetmi Wira, Yenida, & Tuti Azra. (2021). PENGARUH LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PARIWISATA DI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 17-27. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1027