PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP PROGRAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA DANAU TOBA PROVINSI SUMATERA UTARA

Authors

  • Indra Siregar, S.E.,M.Si.,Ak POLITEKNIK NEGERI MEDAN
  • Rahmat Widia Sembiring, M.Sc.IT, Ph.D POLITEKNIK NEGERI MEDAN

Keywords:

Pariwisata, Wisatawan, Program, Pengembangan

Abstract

Danau Toba merupakan salah satu aset wisata yang saat ini menjadi perhatian pemerintah untuk dikembangkan. Ini dapat terlihat dari ditetapkannya Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas oleh pemerintah. Karena itulah maka pemerintah melakukan berbagai cara dan upaya agar Danau Toba menjadi menarik di mata wisatawan khususnya mancanegara sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Danau Toba. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) untuk kurun waktu 2015-2018, secara rata-rata jumlah wisatawan yang mengunjungi Danau Toba hanya tumbuh sebesar 1%. Ini menunjukkan bahwa upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan khususnya mancanegara ke Danau Toba belumlah memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Karenanya, perlu dilakukan upaya-upaya lainnya untuk dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba. Salah satu strategi untuk mengembangkan Danau Toba sebagai destinasi wisata adalah berdasarkan persepsi turis. Kepuasan turis sebagai pelanggan adalah salah satu faktor yang penting untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Dari jumlah wisatawan yang berkunjung dapat dilihat bahwa kepuasan dari wisatawan belumlah maksimal. Karenanya perlu dianalisis faktor apa saja yang perlu mendapat perhatian untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode IPA (Importance Performance Analysis). Dengan metode ini dapat diketahui persepsi wisatawan mengenai program pengembangan di destinasi wisata Danau Toba dari sisi objek wisata,sarana maupun prasarana.. Dengan menggunakan diagram Kartesius akan dipetakan atribut-atribut kualitas pariwisata Danau Toba yang telah dianalisis.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada beberapa hal yang dirasa wisatawan masih perlu dikembangkan dari objek wisata Danau Toba. Dari hasil penelitian ini pemerintah mempunyai acuan dalam menentukan programpengembangan lanjutan yang tepat bagi Danau Toba sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung

References

----------------, Kamus Besar Bahasa Indonesia (online), Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id, Diakses 11 Mei 2020

Azwar, S, 2013. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Febryano, Indra Gumay dan Rusita, 2018. Persepi Wisatawan Dalam Pengembangan Wisata Pendidikan Berbasis Konservasi Gajah Sumatera, Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Vol 8, No 3

Hidayat, Marceilla, 2011. Strategi Perencanaan dan Pengembangan Objek Wisata (Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol 1, No 1, Hal 33

Isdarmanto, 2017. Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo

Jupir, Maksimilianus Mari, 2013. Implementasi Kebijakan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal (Studi di Kabupaten Manggarai Barat), Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, Vol 1, No 1

Kawung, Aprilia Vira, Poluan, RJ dan Rondonuwu, Dwight M, 2016. Persepsi dan Sikap Wisatawan Terhadap Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa, Jurnal Spasial : Perencanaan Wilayah Kota, Vol 3, No 1

Meider, (2018), Definisi Persepsi (Online), Tersedia : smart- pustaka.blogspot.com/2018/02/persepsi.html

Mukhsin, Dadan, 2015. Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Gunung Galunggung, Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol 14, No 1

Murti, Hestara Cahya dan Sujali, 2013. Persepsi Wisatawan Terhadap Pengembangan Objek Wisata Batang Dolphin Centre, Jurnal Bumi Indonesia, Vol 2, No 2

Pitana, I. Gede dan Gayatri, Putu G, 2012. Sosiologi Pariwisata, Yogyakarta: Andi

Sarwono, Jonathan, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiama, A Gima. 2011. Ecotourism : Pengembangan Pariwisata berbasis konservasi alam. Bandung : Guardaya Intimarta

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta : Gava Media

Suwena, Widyatmaja. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata, Bali :Pustaka Larasan

Swarbrooke, John & Horner,Susan 2012. Pengembangan Pariwisata, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Timang, Vica Vanessa Sesaryo, Antariksa, Ismu Rini Dwi Ari, 2014. Tourism Development Strategy of Buntula’bi Balusu Sub-Village, North Toraja Regency Based on Tourist Perception, Journal of Indonesia Tourism and Development Studies, Vol 2, No 3

Worlberg, (2017), Definisi Persepsi (Online), Tersedia: http://smart-pustaka.blogspot.com/2017/02/persepsi.html,

Young, (2016), Definisi Persepsi (Online), Tersedia: http://smart-pustaka.blogspot.com/2016/02/persepsi.html.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Indra Siregar, S.E.,M.Si.,Ak, & Rahmat Widia Sembiring, M.Sc.IT, Ph.D. (2021). PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP PROGRAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA DANAU TOBA PROVINSI SUMATERA UTARA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 64-72. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1032