STRATEGI EDUKASI PASAR MODAL DI ERA PANDEMI KEPADA MILLENNIAL INDONESIA TAHUN 2021

Authors

  • Elvi Thaharrah Politeknik Negeri Jakarta
  • Ali Masjono Muchtar Politeknik Negeri Jakarta
  • Zulmaita Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Influencer, Knowledge, Media, Teknologi, Literasi

Abstract

Beberapa program telah dijalankan Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk meningkatkan literasi investasi terhadap masyarakat Indonesia. Diantaranya, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM), Kampanye Yuk Nabung Saham (YNS), dan Galeri Investasi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana program – program BEI sebagian besar hanya dirasakan oleh orang-orang dengan latar belakang pendidikan ekonomi. Penelitian terdahulu mengungkapkan bagaimana media influencer, film, dan juga teknologi digunakan sebagai strategi untuk menumbuhkan literasi masyarakat secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah program-program BEI berupa knowledge, media, dan teknologi berpengaruh terhadap peningkatan literasi investasi khususnya kepada milennial di era pandemi. Penelitian ini mengunakan metode angket kuesioner yang diolah dengan program SPSS menggunakan analisis linear berganda. Adapun hasil dari penelitian ini, ketiga variabel yang diajukan peneliti yaitu knowledge, media, dan teknologi memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi investasi milennial di Indonesia.

References

Chouduri, G., Ojha, R., Negi, T., Varun, G., Saxena, S., Chouburi, A., et al. (2016). A school-based intervention of screening a movie to increase hepatitis B vaccination evels among students in Uttar Pradesh, India: impact on knowledge, awareness, attitudes and vaccination levels. Hepatology, Medicine and Policy, 2.

Hair, Black, Babin, & Anderson. (1998).

Kustodian Sentral Efek Indonesia. (2021, Juni). Statistik Publik. Retrieved September 27, 2021, from http://ksei.co.id

Nwokeoma, M., Ibrahim, N. A., Ogiamien, L. O., Olawoyin, O. R., Nwokeoma, N. M., Ilo, P. I., et al. (2019). Effect of Perceived Ease of Use on Librarian's E-Skills : Basis for Library Technology Acceptace . Elsevier, Library and Information Science Research .

Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Hasil Survei Literasi Dan Inklusi Keuangan Nasional Meningkat. Retrieved Juni 8, 2021, from https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20549

Veirman, D. M., Caurberghe, V., & Hudders, L. (2017, Juli 14). Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising(10.1080/02650487.2017.1348035).

We Are Social. (2021, Februari 11). Digital 2021: Indonesia.

Yuwono. (2015).

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Elvi Thaharrah, Ali Masjono Muchtar, & Zulmaita. (2021). STRATEGI EDUKASI PASAR MODAL DI ERA PANDEMI KEPADA MILLENNIAL INDONESIA TAHUN 2021. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 82-89. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1034