ANALISIS KETERLIBATAN DAN RESPON MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • M.I.Gunawan Politeknik Negeri Bengkalis
  • Aswandi Politeknik Negeri Bengkalis

Keywords:

keterlibatan, respon, pembelajaran daring bahasa inggris, google classsroom

Abstract

Selama pandemi covid-19 pemerintah membatasi perkuliahan konvensional tatap muka di kelas. Oleh karena itu, perguruan tinggi termasuk Politeknik Negeri Bengkalis memberlakukan pembelajaran daring dengan menggunakan media pembelajaran online, salah satunya google classroom. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keterlibatan dan respon mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Bahasa inggris secara daring menggunakan aplikasi google classroom. Subjek pada penelitian ini sebanyak 22 orang mahasiswa jurusan bahasa. Adapun proses pengumpulan data melalui dua macam angket yaitu: angket keterlibatan dan angket respon yang dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlibatan mahasiswa cukup baik dalam persiapan, selama dan setelah pembelajaran daring. Selain itu, respon mahasiswa terhadap pembelajaran daring Bahasa inggris menggunakan google classroom menjukkan respon yang positif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran daring dapat diikuti oleh sebagian besar mahasiswa dengan baik. Sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa penggunaan aplikasi google classroom sangat tepat untuk digunakan pada masa pandemi saat ini. Kemudahan lainnya yaitu materi ajar yang digunakan pada proses pembelajaran mudah diakses hingga ketepatan waktu dalam pengumpulan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.

References

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bhat, S., Raju, R., Bikramjit, A., & D'Souza, R. (2018). “Leveraging E-learning through Google classroom: A usability study”. Journal of Engineering Education Transformations, 31(3), pp. 129-135.

Dimyati, Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rhineka Cipta

fatwa (2020) Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal”. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).

Firman, F. (2020). “Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi”. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), pp. 14-20.

Fredricks, J.A., dkk. (2004). School Engagement : Potential of concept, state of eviredence. Dalam review of Educational Research, Vol 74 No. 1 Hal. 59-109.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). “Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro”. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), pp. 225-233.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002). Departemen Pendidikan Nasional Edisi ke-3. Balai. Pustaka, Jakarta. Gramedia

Koroh, T. D., (2020) “Respons mahasiswa terhadap pembelajaran daring dan kemandirian belajar mahasiswa selama pandemi covid-19”. Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar, pp. 54-59

Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). “persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dalam jaringan untuk mata kuliah kalkulus”. Jurnal theorems (the original research of mathematics), 5(1), pp. 41-48.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

M.I.Gunawan, & Aswandi. (2021). ANALISIS KETERLIBATAN DAN RESPON MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 90-101. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1035