STRATEGI UMKM KOTA MEDAN BIDANG TRAVEL DAN KONVEKSI DALAM MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN USAHA PADA MASA PANDEMI CORONA
Keywords:
Pandemi, Strategi, UMKM, Travel, KonveksiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi bagi UMKM sektor konveksi dan travel untuk dapat bertahan pada saat pandemi corona sedang berlangsung sampai dengan saat ini. Pada penelitian sebelumnya peneliti mendapatkan hasil bahwa sektor kuliner dapat bertahan pada saat pandemi corona sedang berlangsung. Beberapa strategi yang dilakukan oleh bisnis kuliner membuat sektor ini lebih antisipatif. Berbeda halnya dengan sektor travel dan konveksi, kedua sektor ini sangat terdampak dengan kondisi pandemi. Diperlukan strategi khusus untuk membuat kedua sektor ini dapat bertahan di tengah pandemi corona yang masih terus berlangsung sampai dengan saat ini. Penelitian ini secara keseluruhan dilakukan dengan menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, observasi, dan bukti tertulis. Data yang terkumpul akan direduksi untuk memilih data yang relevan dengan penelitian ini. Selanjutnya data akan didisplay dalam bentuk kolom naratif untuk dapat mengelompokkan hasil wawancara yang diperoleh kedalam masing-masing jenis pertanyaan. Hasil dari display data ini menjadi kesimpulan sementara dari hasil penelitian ini. Tahapan selanjutnya adalah melakukan FGD dengan melibatkan para pelaku UMKM Kota Medan bidang travel dan konveksi, akademisi pada bidang UMKM dan juga Pemerintah Kota Medan cq Dinas Koperasi & UMKM yang menangani UMKM. Materi pembahasan adalah mengacu kepada hasil pengumpulan data yang telah diperoleh sebelumnya.. Hasil dari FGD yang menjadi hasil dari penelitian ini adalah strategi khusus yang harus dilakukan oleh UMKM sektor Travel berupa paket perjalanan yang dilengkapi dengan penyuntikan vaksin covid-19 dan Swab PCR. Untuk sektor konveksi strategi yang harus dilakukan adalah mengoptimalkan penjualan secara online dengan bergabung kepada platform penjualan online seperti Shopee, Lazada dan sebagainya, memberikan diskon pada produk yang dijual serta kemudahan untuk mengganti ukuran jika pelanggan menginginkannya
References
Alfred, D. Chandler, Jr, 2012. Strategy and Structure: Chapter in The History of The Industrial Enterprise. Cambridge Mass, New York: MIT Press
Anthony, W.P., Parrewe, P.L., dan Kacmar, K. M. 1999, Strategic Human Resources Management. Second Edition, Orlando : Harcourt Brace and Company
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
Fitriyani, Ika, Sudiyarti, Nining, dan Fietroh, M.Nur, 2020. Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid 19, Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, Vol. 1 No. 2: 87-95
Hamel, G dan Prahalad, C, K, 2011. Kompetisi Masa Depan. Yogyakarta: Bina Rupa. Aksara
Hardilawati, Wan Laura, 2020, Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid 19, Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vo. 10 No.1,: 89-98
Husein Umar, 2010. Desain Penelitian Manajemen Strategik, Jakarta: Rajawali Pers
Kotler Philip dan Amstrong Gary 2012, Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta :Erlangga
Mudrajad, Kuncoro. 2015. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta : Erlangga
Nugraheni, Agustina Prativi, Pramudyastuti, Octavia Lhaksmi, dan Sunaningsih, Suci Nasehati, 2020. Strategi Pelaku UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Akuntansi dan Perpajakan Jayakarta, Vol. 2 No.1: 45-52
Nur Aziah, Fadilah et al, 2020, Strategi UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid 19 Pada Saat New Normal, OECONOMICUS Journal of Economics, Vol. 5 No.1,: 46-62
Quinn, Robert E., CS., 1990, Becoming A Master Manager, A Competency Framework, New York: John Wiley & Sons
Sudaryanto., & Hanim, A, 2002. Evaluasi Kesiapan UMKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA) : Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen, Vol 1 No 2,
UU Republik Indonesia nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM