EFEKTIVITAS PROMOSI OTA DALAM MENINGKATKAN HUNIAN KAMAR PADA WAPA DI UME RESORT
Keywords:
Promosi Online travel agent, Hunian KamarAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas promosi online travel agent dalam meningkatkan tingkat hunian kamar pada Wapa di Ume Resort. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi OTA dalam meningkatkan tingkat hunian kamar, mengetahui tingkat efektivitas OTA dalam meningkatkan tingkat hunian kamar dan mengetahui platform OTA yang berkontribusi paling efektif dalam meningkatkan tingkat hunian kamar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah serangkaian analisis regresi linear sederhana dan analisis efektivitas. Dari hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa promosi OTA berpengaruh 76,7% pada tingkat hunian kamar, sehingga promosi OTA berengaruh secara positif dan signifikan pada tingkat hunian kamar. Pada analisis efektivitas promosi OTA terbukti sangat efektif dalam meningkatkan tingkat hunian kamar dengan persentase 106,89%. Berdasarkan penghitungan kontribusi room night, Booking.com menjadi platform OTA dengan kontribusi paling efektif dalam meningkatkan tingkat hunian kamar dengan total kontribusi 3.287 malam selama tahun 2017-2019. Dapat disimpulkan bahwa semakin banyak promosi OTA yang dilakukan maka semakin meningkat pula tingkat hunian kamar pada Wapa di Ume Resort. Promosi OTA yang dilakukan meliputi kegiatan informing, reminding dan persuading terbukti sangat efektif dalam meningkatkan tingkat hunian kamar.
References
Angeloni, S., & Rossi, C. (2020). Online search engines and online travel agencies: A Comparative Approach. Journal of Hospitality and Tourism Research, 1–30.
Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (2021). Number of Star Hotels in Bali by Regency/CityandClass.https://bali.bps.go.id/dynamictable/2017/06/05/174/banyaknya-hotel-berbintang-dibali-menurutlokasi-dan-kelas-hotel-2000-2010.html
Ivanov, I., & Atanasova, I. (2019). Hotel Reservations Via Online Travel Agency Booking.Com. Eu Dimensions of the “Best Price” Clause. CBU International Conference Proceedings, 7, 143–150.
Leung, R. (2019). Smart hospitality: Taiwan hotel stakeholder perspectives. Tourism Review, 74(1), 50–62.
Ling, L., Dong, Y., Guo, X., & Liang, L. (2016). Availability management of hotel rooms under cooperation with online travel agencies. International Journal of Hospitality Management, 50, 145–152.
Magatef, G. (2016). The Impact of Tourism Marketing Mix Elements on the Satisfaction of Inbound Tourists to Jordan Head of Marketing Department. International Journal of Business and Social Science, 6(7), 41–58.
Meirina, I. (2017). Hotel Room Division Managemnt. Depok: Kencana.
Saragih, L. S. (2019). Dampak Online Travel Agent (OTA) dalam Meningkatkan Pengunjung di Pardede Internasional Hotel Medan. Journal for Business and Entrepreneurship, 3(1).
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.
Toh, R. S., DeKay, C. F., & Raven, P. (2017). Travel planning: Searching for and booking hotels on the internet. Cornell Hospitality Quarterly, 52(4), 388–398.
UNWTO. (2017). Tourism – an Economic and Social Phenomenon. http://www2.unwto.org/content/why-tourism.