PENGUKURAN PENGETAHUAN DAN ADOPSI TEKNOLOGI VIRTUAL TOURISM POKDARWIS DAERAH PESISIR PANTAI KOTA PADANG
Keywords:
virtual tour, Pokdarwis, TAM, TOE, Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 telah membuat Pokdarwis harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru. Salah satu kebiasaan yang timbul pada saat pandemi adalah kebiasaan wisatawan untuk berwisata melalui dunia virtual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Pokdarwis memiliki pengetahuan mengenai pariwisata virtual dan apakah teknologi itu cukup mudah diaplikasikan dan memiliki kemudahan dalam penggunaan serta memberikan manfaat kepada Pokdarwis. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan menggunakan wawancara sebagai data utamanya. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak semua anggota Pokdarwis yang memiliki pengetahuan tentang virtual tour memiliki kemampuan untuk membuat dan mempublikasikan virtual tour. Kemudahan akses informasi dan kesadaran Pokdarwis terhadap penggunaan teknologi diharapkan dapat membantu perkembangan virtual tour ke depannya dan perkembangan Pokdarwis menjadi kelompok yang berkualitas dan berdaya saing
References
Chandra, A.R., Afifah., Wimeina, Y., & Khairat, A. 2020. Penggunaan Media Sosial untuk Berbelanja Online Saat Pandemi Covid-19. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen). 7 (1): 58-71
Cheung, C. W., Tsang, I. T., & Wong, K. H. (2017). Robot Avatar: A Virtual Tourism Robot for People With Disabilities. International Journal of Computer Theory and Engineering, 9(3), 229-234.
Davis, F. D., Jr. 1986. A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems: Theory and results. Massachusetts Institute of Technology.
Deniz, Y. 2015. "Relationships between perceptions of virtual destination environment, satisfaction and loyalty", Journal of Hospitality and Tourism Technology, Vol. 6 Iss 2 pp. 160 – 173
Spillane.J.J., 1994. Pariwisata Indonesia, Yogyakarta : Kanisius.
Kucukusta, Deniz & Law, R. & Besbes, A. & Legoherel, P. (2015). Re-examining perceived usefulness and ease of use in online booking: The case of Hong Kong online users. International Journal of Contemporary Hospitality Management. 27. 185-198.
Matikiti, R., Mpinganjira, M. & Roberts-Lombard, M., 2018, ‘Application of the Technology Acceptance Model and the Technology– Organisation–Environment Model to examine social media marketing use in the South African tourism industry’, South African Journal of Information Management 20(1), a790. https://doi.org/10.4102/ sajim.v20i1.790
Riesa, R. M., Haries, A. 2020. Virtual Tourism Dalam Literature Review. Jurnal Pariwisata Bunda, Volume 01 No. 1 Oktober 2020.
Riesa, R. M., Haries, A. 2020. 2020. The Third International Conference on Culinary, Fashion, Beauty, and Tourism (ICCFBT) 2. Proceeding Faculty of Tourism and Hospitality, Universitas Negeri Padang, November. ISBN 978-623-95788-2-4. 527-530
Waraney , S. P. F., Tulenan, V., & Sinsuw, A. A. E. (2017). Pengembangan Virtual tour Potensi Wisata Baru Di Sulawesi Utara Menggunakan Teknologi Video 360 Derajat. E-Journal Teknik Informatika Vol 12, No.1 (2017) ISSN : 2301 – 8364.
Yuliana,A., Lisdianto, E. 2017. Aplikasi Virtual Tour sebagai Media Promosi Objek Wisata di Stone Garden Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer Vol. 01, No. 01, Februari 2017, pp. 19-24. ISSN: 2549-211X
Sumber Internet:
https://travel.kompas.com/read/2020/05/18/082800927/pengalaman-virtual-tour-ke-sawahlunto-susuri-situs-warisan-dunia?page=all. Diakses 12 Mei 2021
https://padang.tribunnews.com/2019/06/12/kota-padang-miliki-kawasan-wisata-terpadu-dan-kelompok-sadar-wisata?page=2. Diakses 17 Mei 2021