PENGEMBANGAN KUESIONER EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH BAHASA INGGRIS POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI

Authors

  • Ely Trianasari Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Ika Yuniwati Politeknik Negeri Banyuwangi

Keywords:

Pengembangan Kuesioner, Efektivitas, Pembelajaran Online

Abstract

Dalam masa pandemik covid 19, pembelajaran dengan system daring menjadi alternatif agar proses belajar mengajar bisa tetap dijalankan, tak terkecuali mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan Politeknik Negeri Banyuwangi. Studi saat ini bertujuan mengembangkan kuesioner pembelajaran daring mata kuliah bahasa inggris selama masa pandemic covid 19. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model Plomp. Model ini terdiri dari 5 fase yaitu investigasi awal, desain, konstruksi/realisasi, fase ujicoba (tes, evaluasi, dan revisi), dan fase implementasi. Hasil dari pengembangan kuesioner ini adalah rubrik penilaian efektivitas pembelajaran daring mata kuliah bahasa inggrisdimana setiap rubrik terdiri dari 5 variabel yang berbeda dengan 4 indikator penilaian pada masing masing variabel. Validasi dilakukan oleh tiga ahli yang meliputikejelasan bahasa, validasi isi, dan validasi konstruk pada tiap-tiap butir instrument dan uji coba dilakukan pada 259 mahasiswa. Hasil validasi dari ketiga ahli tentang kejelasan Bahasa, validasi isi dan validasi konstrukberturut – turut adalah 3.5, 3.1, dan 3.2. Hal ini menunjukkan secara keseluruhan instrumen yang dikembangkan valid secara bahasa, isi, maupun konstruk. Reliabilitas secara keseluruhan diberikan pada nilai Cronbach's Alpha sama dengan 0,786. Hal ini memberikan makna kuesioner memiliki reliabilitas yang tinggi/layak digunakan dikemudian hari untuk pengujian yang sama

References

Ali, W. (2020). Online and remote learning in higher education institutes: a necessity in light of COVID19 pandemics. Higher Education, 10(3), 16-25.

https://doi.org/10.5539/hes.v10n3p16.

Allo, M. D. G. (2020). Is the online learning good in the midst of covid-19 pandemic? The case of EFL learners. Jurnal Sinestesia, 10(1), 1-10.

Ariani, S., & Tawali, T. (2021). Problems of Online Learning during Covid-19 Pandemic in Speaking For Professional Context Class. Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, 8(1), 32-37. doi:https://doi.org/10.33394/jo-elt.v8i1.3783

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember

Murgatrotd, S. (2020). COVID-19 and Online Learning. https://doi.org//10.13140/RG.2.2.31132.85120

Yuniwati, I, & Trianasari, E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotorik Matematika Menggunakan Lembar kerja Mahasiswa Bilingual Politeknik Negeri Banyuwangi. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ke-2 Universitas Indraprasta, 189–194.

Yuniwati, I., Aprilia, D. Y., Siska, A.H ., I Wayan, S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Psikomotorik Mahasiswa Pada Pembelajaran Matematika Teknik 1 Melalui Platform Mooc Poliwangi. Seminar Nasional Terapan Riset Inovativ Ke – 6 Vol. 6 No. 02 (2020) E-ISSN: 2621-9794, P-ISSN: 2477-209

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Ely Trianasari, & Ika Yuniwati. (2021). PENGEMBANGAN KUESIONER EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH BAHASA INGGRIS POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 179-186. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1044