BLUE OCEAN STATEGY DESA KALIPAIT SEBAGAI DESA WISATA UNGGULAN BANYUWANGI

Authors

  • Ayu Wanda Febrian Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Dora Melati Nurita Sandi Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Firda Rachma Amalia Politeknik Negeri Banyuwangi

Keywords:

Pariwisata pedesaan, Blue ocean strategy, Manajemen keramahtamahan, pariwisata

Abstract

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memfokuskan pembangunan daerah berdasarkan tiga wilayah pengembangan sesuai daya tarik wisata unggulan yaitu Ijen, Sukomade dan G-Land. Desa Kalipait merupakan salah satu wilayah yang berada pada daya tarik wisata G-Land. Sesuai hasil wawancara menunjukan bahwa belum terdapat model pengembangan desa wisata (blue print) dan persoalan legalitas pengelolaan desa wisata juga tidak kunjung terbit. Hal menyebabkan penyerapan dan penggunaan dana desa kurang terserap maksimal sehingga diperlukan penyususunan kebijakan dalam pengembangannya. Penelitian ini difokuskan dalam pembuatan rancangan kebijakan dengan pendekatan Blue Ocean Strategy  dengan analisis kerangka empat langkah yaitu eliminate, reduce, raise dan create. Melalui pendekatan delapan aspek pembentukan desa wisata, hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Kalipait masih dalam tahap eksplorasi karena terdapat sedikit faktor untuk dihapus dan dikurangi namun terdapat banyak faktor untuk ditingkatkan serta diciptakan terutama dalam pengembangan Sumber Daya Manusia SDM, pegembangan atraksi alam dan budaya.

References

Arida, I.N.S., & Pujani, L.P.K. (2017). Kajian Penyusunan Kriteria-Kriteria Desa Wisata Sebagai Instrumen Dasar Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(1), 1-9.

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Butler, R.W. (1980). The concept of a Tourism Area Life Cycle of Evolution. Canadian Geographer, 24, 5-12.

Kachniewska, M.A. (2015). Tourism development as a determinant of quality of life in rural areas. Worldwide Hospitality and Tourism Themes, 7(5), 500-515.

Kim, W. C. & Mouborgne, R. (2005). Blue Ocean Strategy Menciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relavan. Jakarta : Serambi.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1992). Analisis data kualitatif Terj. Tjejep Rohidi. Jakarta : UI Press.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banyuwangi tahun 2016-2021.

Undang- Undang No 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Pearce, D. (1995). Tourism a community approach, 2 nd. Harlow: Longman.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Ayu Wanda Febrian, Dora Melati Nurita Sandi, & Firda Rachma Amalia. (2021). BLUE OCEAN STATEGY DESA KALIPAIT SEBAGAI DESA WISATA UNGGULAN BANYUWANGI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 252-259. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1051