PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PADA POLITEKNIK NEGERI BANYUWANGI
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan kasat mata terhadap kepuasan mahasiswa pada Politeknik Negeri Banyuwangi, Penelitian ini dilakukan di Kota Banyuwangi, Jawa Timur dengan menggunakan 392 responden mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang berisi 5 pertanyaan untuk masing-masing variabel. Data penelitian ini memenuhi uji asumsi klasik yang berarti dapat digunakan untuk menguji pengaruh variabel independent dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Kualitas pelayanan ternyata berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai R2 sebesar 0,509 dengan sig. 0,000. Hal ini memperlihatkan bahwa apabila lembaga mampu memberikan kualitas pelayanan yang prima, maka akan berdampak pada meningkatnya kepuasan mahasiswa. Kepuasan mahasiswa merupakan salah satu kunci sukses sebuah lembaga dalam usaha mempertahankan mahasiswa selama studi, selain itu apabila mahasiswa merasa puas selama studi di lembaga, maka mahasiswa akan berusaha mempromosikan lembaga kepada pihak lain.
References
Angesti, Dyan,2006,Pengaruh Kualitas layanan Akademik Melalui Media Website terhadap Kepuasan Konsumen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer ( STIKOM ) Surabaya, Tesis S2 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Alma, Buchari .2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi .2006. Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Eko Indrajit Richardus dan Djokopranoto Richardus.2006. Manajemen Perguruan tinggi Moderen.Andy Offset
Ferdinand Augusty.2006. Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gay,L,R. Diehl,P,L, Research Methods for Business and Management,1992, Macmillan Publihing Company.
Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research. UGM. Yogyakarta.
Jonatan Sarwono.2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.
Swasta, Basu Dharmesta. T Hani Handoko.2000.Manajemen Pemasaran Analisa Prilaku Konsumen.BPFE.m Jogyakarta.
Payn, Adrian.2000. The Essence or Service Marketing.Andi
Rangkuti Freddy. 2002. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.
Riduan, Enkos Ahmad Kuncoro. 2008. Analisis Jalur ( Path Analysis ). Alfabeta.
James A Black & Dean J. Champion. Terjemahan E koswara. 1999. Metode dan Masalah penelitian Sosial. Refika Aditama. Bandung.
Kotler, Philip.2000. Marketing Management Analysis, Planing, Implementation and Control. Millennium Edition, Prentice Hall International, Inc, New jersey.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta. Salemba Empat.
Kurniawan, Cipto Tjhin,2004, Analisis Pengaruh Service Quality terhadap Kepuasan dan Loyalitas pelanggan Jasa angkutan Barang Pada Perusahaan Pelayaran di PT Salam pacific Indonesia Lines Surabaya, Tesis S2, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Lovelock, Christopher and Wright.2007. Manajemen Pemasaran
Jasa.Indeks
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdan A.2008. Manajemen Pemasaran jasa.Salemba Empat.
M. Mursid.2006. manajemen Pemasaran. Bumi Aksara..
Malhotra, Naresh K. 2005. Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Indeks
Maylina, Wenny. 2003. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesetiaan terhadap Merek pada Konsumen Pasta Gigi Pepsodent di Surabaya. Jurnal Ventura Volume 6. Surabaya.
Nur Indriantoro. Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen.BPFE. Yogyakarta.
Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L.L. Berry, 1998, SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, Vol. 64, No. 1.
Pujawan Tetra. 1997. Analisis Faktor Faktor Kualitas Pelayanan Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Bank. Universitas Brawijaya.
Suparmoko,M. 1999. Metode penelitia Praktis. BPFE Yogyakarta
Sudarman Paryati. 2004. Belajar Efektif di perguruan Tinggi. Simbiosa Rekatama Media.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta
Tjiptono, Fandi & Diana, Anastasia. 2000. Total Quality Management. Andy Yoyakarta.
Umar, Husein,2003, Metode riset Prilaku Konsumen Jasa. Galia Indonesia. Jakarta.
Valarie leonard L, 1994, Reassment of Expectation As A Comparison Standart In Measuring Service Quality, Journal Of marketing No 50 januari,pp,111 – 124.
Yudisiatri,Yuli, 2006,Peran Sistem Teknologi Informasidan Kwalitas layanan Terhadap Citra Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur, Tesis S2, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Zeithaml, Valarie, A, and Bitner MJ,1996. Service marketing, The Megraw Hill Companies, Inc, New York.
Zeithaml, Valarie, Leonardo L, and Parasuraman A, 1998, The Behavioral Consequences of Service Quality, Jurnal Of marketing, Vol .60. april p 31 – 46.
Zeithaml, Valarie, A, Parasuraman, A, and Berry,L, 1990, Delivering quality Service, Balancing Customer Perception and Expectation,New York, the Free Press.