HARUS BISA APA? ANALISIS KEBUTUHAN KOMPETENSI LULUSAN AKUNTANSI PADA DUNIA KERJA

Authors

  • Novi Asrina Politeknik Negeri Padang
  • Anda Dwiharyadi Politeknik Negeri Padang
  • Eka Rosalina Politeknik Negeri Padang

Keywords:

analisis, kebutuhan, kompetensi lulusan, akuntansi, dunia kerja

Abstract

Seiring dengan tuntutan zaman yang semakin berkembang, kebutuhan kompetensi sumber daya juga turut mengalami penyesuaian. Pencari kerja dituntut untuk melengkapi diri dengan keterampilan yang diharapkan oleh industri agar dapat bersaing untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang diinginkan. Untuk itu penting bagi pencari kerja untuk membekali diri keterampilan yang menjadi kebutuhan industri. Peningkatan keterampilan perlu dukungan dari lembaga pendidikan dalam menciptakan sumber daya manusia yang terampil sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh industri. Dalam hal ini, lembaga pendidikan memegang peranan penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang terampil di bidangnya dalam menghadapi persaingan di dunia industri.

Salah satu hal penting yang perlu diketahui adalah persepsi mereka mengenai keterampilan dan atribut yang harus mereka miliki sebagai modal untuk bersaing di pasar dunia kerja. Hal ini penting bagi mereka sebagai bahan refleksi atas adanya beragam keterampilan dan atributnya yang harus mereka ketahui dan persiapkan (R. Kurniawan, 2017). Keterampilan merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu hal. Keterampilan juga diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk menggunakan akal dan fikiran dalam mengerjakan sesuatu sehingga mencapai hasil yang diharapkan. Dengan demikian, relevansi antara proses belajar dengan kebutuhan dunia industri sangat dibutuhkan dalam meramu kurikulum (R. Kurniawan, 2017).

References

(R. Kurniawan, 2017).

(Thaib, 2017).

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Novi Asrina, Anda Dwiharyadi, & Eka Rosalina. (2021). HARUS BISA APA? ANALISIS KEBUTUHAN KOMPETENSI LULUSAN AKUNTANSI PADA DUNIA KERJA . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 295-302. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1056