PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN INDIHOME

Authors

  • Tri Nuraini Politeknik Negeri Batam
  • Sri Zuliarni, S.Sos., M.B.A. Politeknik Negeri Batam

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Salah satu bentuk perkembangan komunikasi yang paling pesat adalah dengan internet. Penyedia jasa akses internet sangat banyak, salah satunya adalah PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Tekanan kompetisi memaksa perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan memenuhi kepuasan pelanggan. Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan ialah persepsi terkait harga yang ditawarkan suatu produk, kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan dan kualitas dari produk yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan indihome dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pengguna indihome di Kota Batam. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dari hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa harga, kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan indihome.

References

Akdon, Riduwan. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Herlistyani, Listien, Yunus Winoto & Asep Saeful Rohman. 2012. Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Informasi Telkom Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkom Speedy Kepada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. eJurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran Vol. 1 No.1: 1–14.

Kusuma, Yanuar. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli (Studi Kasus pada Pelanggan PT. Indo Sunmotor Gemilang Semarang). Skripsi dipublikasikan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Keller, Kevin. L. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity, International Edition, (2nd ed). Prentice-Hall, New Jersey.

Nugroho, N. T. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan Speedy Telkom di Kota Surakarta). Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 12(02), 115570.

Ramadhan, F. Y. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Serta Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Indi Home PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Samarinda Kota). Ekonomia, 6(2), 150-157.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah, 2013, Perilaku Konsumen, C.V Andi Offset Switching Costs, Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 15 No. 1, Januari 2011, Hal. 22-

Norman, G., Likert scales, level of measurement and the 'laws' of statistics. Advances in Health Science Education 2010. 15(5): p. 625-632.

Suhartanto, Dwi, Analisa Data untuk Riset Bisnis: SPSS,AMOS,PLS Edisi 2. Politeknik Negeri Bandung 2020.

Riduwan, & Akdon. (2006). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, E., 2006, Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Kijang (Studi Kasus Pada PT. NASMOCO KALIGAWE SEMARANG).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Vol. 2). Jakarta: Erlangg.

Kotler, P., & Kevin, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (Vol. 1). Jakarta: Erlangga

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Tri Nuraini, & Sri Zuliarni, S.Sos., M.B.A. (2021). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN INDIHOME . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 329-334. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1060