PENGEMBANGAN DAGING BEKAMAL SEBAGAI PRODUK OLAHAN LOKAL BANYUWANGI MELALUI PENDEKATAN BISNIS MODEL KANVAS
Keywords:
Bekamal, Home Industry Go Bamboo, Kanvas Model Bisnis dan SWOTAbstract
Bekamal adalah suatu produk lokal dari Banyuwangi. Produk ini dilakukan oleh Home Industry Go Bamboo Desa Gintangan. Usaha perlu dilakukan kreatifitas dan inovasi dalam kanvas model bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kanvas model bisnis Home Industry Go Bamboo dan menganalisis strategi untuk mengembangkan usaha bekamal. Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan usaha dengan bisnis model kanvas yaitu dengan menerapkan strategi dalam penjualan maupun peningkatan profit. Hasil analisis SWOT menunjukan nilai IFAS 2,970 dan nilai EFAS 2,787. Hal ini termasuk dalam kuadran V. Home Industry Go Bamboo dapatmelakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk. Simpulan dari penelitian ini bahwa home industry ini dapat menambah jumlah produk, meningkatkan promosi demi merebut pangsa pasar dan mengembangkan produk yang dimiliki.
References
Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Blimbingsari dalam Angka 2020. Banyuwangi
David, F.R. 2016. Manajemen Strategi: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta (ID): Salemba Empat.
Osterwalder A dan Pigneur Y. 2010. Business Model Generation. New Jersey (US): John Wiley & Sons, Inc.
Rangkuti, F. 2016. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.
Sari A, M. Habbib Khirzin dan Sefri Ton. Trias Ayu Laksanawati, dan Dwi Ahmad Priyadi. 2020. Pengaruh Perbedaan Waktu Inkubasi dan Wadah Penyimpanan Terhadap Kualitas Bekamal Daging Kambing. Skripsi. Banyuwangi: Politeknik Negeri Banyuwangi.
Sari F.M., Sefri Ton, Mustofa Helmi, Asmaul Khusna, dan Anis Usfah Prastujati. 2020. Perbandingan Karakteristik Fisikokimia Sosis Daging Sapi Dengan Sosis Bekamal. Skripsi. Banyuwangi: Politeknik Negeri Banyuwangi.
Umar A, Sasongko AH, Aguszman G, Sugiharto. 2018. Business model canvas as a solution for competing strategy of small business in Indonesia. International Journal of Entrepreneurship. 22(1). Hal 1 – 9
Yunus, E. 2016. Manajmen Strategis. Yogyakarta (ID): CV. Andi Offset