PROTOTYPE SISTEM E-POSYANDU DI DESA KEMUNING LOR KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Muhammad Yunus Politeknik Negeri Jember
  • Atma Deharja Politeknik Negeri Jember
  • Maya Weka Santi Politeknik Negeri Jember

Keywords:

Posyandu, SDLC, Sistem Informasi, Waterfall

Abstract

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.  Posyandu Manggis 10 merupakan Posyandu dengan strata mandiri yang terletak di Desa Kemuning Lor, Kabupaten Jember. Selama ini kegiatan pendokumentasian dan pelaporan status kesehatan ibu dan balita kepada Puskesmas masih dilakukan secara manual dan membuat tulisan sulit terbaca dan dipahami, terlebih space antar kolom yang digunakan untuk menulis data dari anggota posyandu relatif kecil sehingga sangat besar risiko terjadinya kejadian salah tulis di form tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merancang sistem e-Posyandu di Desa Kemuning Lor Kabupaten Jember. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Responden dalam penelitian ini adalah kader Posyandu Manggis 10 yang berjumlah 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem e-Posyandu sangat membantu para kader Posyandu dalam melakukan pencatatan, pendokumentasian dan pelaporan data kesehatan ibu hamil, bayi dan balita di Desa Kemuning Lor. Sistem e-Posyandu tersebut sangat mudah digunakan oleh kader Posyandu serta mereka tidak mengalami kesulitan dalam menyimpan arsip-arsip data Posyandu yang selama ini sangat mudah hilang dan rusak.

References

Kementerian Kesehatan, Ayo ke Posyandu. 2012.

R. Ayuninghemi and A. Deharja, “Pengembangan Aplikasi E-Posyandu dalam Upaya Peningkatan Layanan Kader terhadap Sasaran,” Pros. Semin. Nas. Has. Pengabdi. Masy. Politek. Negeri Jember, pp. 160–164, 2017, [Online]. Available: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/785/542.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Muhammad Yunus, Atma Deharja, & Maya Weka Santi. (2021). PROTOTYPE SISTEM E-POSYANDU DI DESA KEMUNING LOR KABUPATEN JEMBER . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 370-385. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1065