KOMUNIKASI NONVERBAL DALAM STORYTELLING
Keywords:
storytelling, pemberdayaan, Desa TemajukAbstract
Pemberdayaan masyarakat tidak hanya memperhatikan aspek pengetahuan dan keterampilan, banyak aspek lain yang harus diperhatikan, misalnya kepercayaan diri bahwa masyarakat mampu untuk berkembang. Penelitian ini merupakan bagian kecil dari sebuah penelitian besar tentang peningkatan kemampuan Bahasa Inggris pramuwisata di Desa Wisata Temajuk. Penelitian ini difokuskan pada Bahasa tubuh peserta dalam membawa cerita storytelling. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa storytelling efektif berpengaruh terhadap bahasa tubuh pramuwisata di Desa Wisata Temajuk, Sambas, Kalimantan Barat. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya membangun kepercayaan diri masyarakat untuk dapat memberdayakan diri guna meningkatkan kesejahteraannya.
References
Alm, C. O., & Sproat, R. (2005). Perceptions of Emotions in Expressive Storytelling. Published in INTERSPEECH 2005; Computer Science.
Borovsky, G., El ALaoui, S. C., & Doherty, M. (2010). Confidence, capacity, connections: A young woman’s guide to leadership. National Democratic Institute for International Affairs (NDI): Washington.
Cain, J. (2018). 3 empowerment practices to increase confidence. Positivity Paper 1(8).
Calero, H. (2005). The Power of Nonverbal Communication. Los Angeles: Silver Lake Publishing
Danesi, M. (2004). Messages, Signs and Meanings. Toronto, Canadian: Scholars’ Press Inc.
Jan, F., Khan, M. R., Khan, I., Khan, S., & Saif, N. (2015). The employees’ self-esteem: A comprehensive review. Public Policy and Administration Research, 5(5), 52-56.
Mokhtar, N. H., Halim, M. F. A., & Kamarulzaman, S. Z. S. (2011). The effectiveness of storytelling in enhancing communicative skills. Procedia Social and Behavioral Sciences 18, 163–169.
Mutiaraningrum, I., Trisnawati, H., & Rosalina, T. (2021). The perception of tour guide training: An insight from the border area of Indonesia. Journal of Tourism and Economic,.4,(1), 28-37. DOI: https://doi.org/10.36594/jtec.v4i1.107
Satriani, I. (2019). Storytelling in teaching literacy: Benefits and challenges. English Review: Journal of English Education, 8(1), 113-120. doi: 10.25134/erjee.v8i1.1924.
Sopian, A. (2019). Non-verbal language in the stories of Al-Qur’an. TAWARIKH: Journal of Historical Studies, 10(2). 103-120.
Sugiono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.
Theune, M., Meijs, K., Heylen, D., & Ordelmen, R. (2006). Enerating expressive speech for storytelling applications. IEEE Transactions On Audio, Speech, And Language Processing, 14(4), 1137-1144.
Windayanti, R. R., & Suwono. (2014). Facial expressions and gestures of body language analysis of the male main character Jack Mccall in a thousand words film 2012. English Language and Literature Journal, 1(1).
www.who.int. Track 1: Community empowerment. Diakses 12 September 2021 dari https://www.who.int/teams/health-promotion/enhanced-wellbeing/seventh-global-conference/community-empowerment.