PENILAIAN SOFTSKILL MAHASISWA PADA KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MENGGUNAKAN MODEL RUBRIK 21St CENTURY LEARNING DESIGN
Keywords:
Pembejaran, Softskill, Pengabdian Masyarakat, Microsoft 21 CLDAbstract
Setiap pembelajaran diharapkan dapat memberikan penilaian softskill, namun di daftar nilai yang dihasilkan dari suatu proses pembelajaran umumnya tidak mencantumkan nilai sofskill. Beberapa alasan yang mengemuka adalah nilai tersebut tertanam pada masing masing matakuliah, jadi nilai akhir suatu matakuliah didalamnya tertanam nilai softskill. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memodelkan pemberian nilai softskill. Model digali (ekperimen) dari kegiatan pengabdian masyarakat berbasis mahasiswa dan didukung oleh teori dari sistem pembelajaran abad 21 dari Microsoft. Hasilnya program studi dapat memberikan nilai softskill kepada mahasiswa secara eksplisit, tidak lagi tertanam dalam suatu matakuliah.
References
Basuk. (2021). Pengaruh Kehadiran (Absensi) terhadap Nilai Hasil Ujian di Politeknik CItra Wida Edukasi-Bekasi. Jurnal Citra Widya Edukasi, 12(1), 19-26.
Hermawaty. (73-86). Analisis Faktor Kehadiran Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode Principle Component Analysisi. Creative Communication and Innovative Technology, 1(12), 2019.
Lisnur, W. (2010). Hubungan Antara Jumlah Kehadiran Mahasiswa Dengan Nilah Akhir Semester Ganjil 2009/2010 Matakuliah Statistika Menggunakan Korelasi Rank Spearman. Prosiding SNaPP2021 (pp. 248-255). Bandung: Unisba. Retrieved from https://adoc.pub/prosiding-snapp2010-edisi-eksakta-issn.html
Microsoft. (2021, 9 1). Microsoft Education Centeer. Retrieved from Microsoft education Center: https://education.microsoft.com/en-us