DISEMINASI DIGITAL LEARNING PLATFORM DI SMPN 2 ARJASA DESA KEMUNING LOR UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN PEMBELAJARAN DITENGAH PANDEMI COVID-19

Authors

  • Khafidurrohman Agustianto Politeknik Negeri Jember
  • Agus Purwadi Politeknik Negeri Jember
  • Lalitya Nindita Sahenda Politeknik Negeri Jember

Keywords:

lms, kemuning lor, dlp, SMPN 2 Arjasa

Abstract

Desa Kemuning Lor merupakan daerah yang kaya akan jenis hasil alam dan olahannya. Secara umum lembaga pendidikan yang ada di desa Kemuning Lor adalah PAUD dan TK berjumlah 8, SD/MI berjumlah 5, SMP berjumlah 1, SMK berjumlah 1 dan Pondok Pesantern (Ponpes) berjumlah 1. Kondisi pendidikan di desa Kemuning Lor dipaksa beradaptasi dengan munculnya pandemi 2019-nCov. Munculnya pandemi ini memaksan dunia pendidikan khususnya di desa Kemuning Lor harus beradaptasi. Perubahan ini berupa perubahan dari paradigma lama pembelajaran yang masih terbatas pada ruang kelas, dimana guru menjadi sumber utama pengetahuan. Beralih pada paradigma pemanfaatan teknologi digital dalam sistem pembelajaran menjadikan peserta didik tidak terbelenggu hal ini selaras dengan program Dirjen Pendidikan Vokasi yaitu merdeka belajar. Implementasi teknologi digital dalam proses pembelajaran berupa Digital Learning Platform (DLP) dimana didalamnya terdapat Learning Management System (LMS). Platform pembelajaran digital dapat mendukung semua jenis pembelajaran, yaitu pembelajaran online, pembelajaran di kelas, dan blended learning. Pengabdian ini bertujuan mendesiminasikan Digital Learning Platform (DLP) di SMPN 2 Arjasa Desa Kemuning Lor, yang ditujukkan sebagai solusi media belajar pada masa pandemi bagi di SMPN 2 Arjasa Desa Kemuning Lor.

References

Ghatasheh, N. (2015). Knowledge Level Assessment in e-Learning Systems Using Machine Learning and User Activity Analysis. April. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2015.060415

Hoic-bozic, N., Mornar, V., Boticki, I., & Member, S. (2009). A Blended Learning Approach to Course Design and Implementation. 52(1), 19–30.

Irmalia, S., & Anggraini. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum, 1(02), 100–109.

Metode Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat. (2017). https://doi.org/10.17605/OSF.IO/R3EV2

Mumbai, N., & Support, O. (2010). Future Trends in E-Learning. 170–173.

Prof, A., & Meejaleum, S. (2010). The Construction of the online-learning in a group activity using blended learning on the information communication and network system at Grade 9. Icctd, 389–392.

Suprijono. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM (Vol. 36). Pustaka Pelajar.

Wang, W., Tang, J., & Wei, F. (2020). Updated understanding of the outbreak of 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) in Wuhan, China. Journal of Medical Virology, 92(4), 441–447. https://doi.org/10.1002/jmv.25689

Zhao, Y., & Lu, Z. (2016). Study on the Application of Multimedia Network Teaching Platform in College Physical Education Teaching. International Journal of Signal Processing, Image Processing and Pattern Recognition, 9(4), 193–202. https://doi.org/10.14257/ijsip.2016.9.4.18

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Khafidurrohman Agustianto, Agus Purwadi, & Lalitya Nindita Sahenda. (2021). DISEMINASI DIGITAL LEARNING PLATFORM DI SMPN 2 ARJASA DESA KEMUNING LOR UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN PEMBELAJARAN DITENGAH PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 50-57. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1075