PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BANJARSARI DENGAN INOVASI CANTING ELEKTRIK DAN BATIK SMART DRYER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI PADA UMKM BATIK RAMA

Authors

  • Rizky Rahman Safitra Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Ferdian Firmansyah Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Endi Sailul Haq Politeknik Negeri Banyuwangi

Keywords:

Batik, Glagah, Inovasi, Pelatihan, Smart Dryer

Abstract

UMKM Batik Rama merupakan salah satu produsen batik khas Banyuwangi yang berlokasi di Banjarsari, Glagah. Produk utamanya adalah batik cap dan tulis. Akan tetapi beliau mengalami kendala kekurangan tenaga kerja membatik tulis. Padahal di desa Glagah masih banyak ibu – ibu rumah tangga yang belum memiliki pekerjaan. Melihat potensi adanya UMKM dan tenaga kerja sehingga perlu adanya pelatihan membatik tulis. Tahapan kegiatan yang telah dilakukan adalah, 1) pelatihan pembuatan pola dasar pada kain batik, 2) pelatihan mencanting, 3) pelatihan canting elektrik, 4) pelatihan Batik Smart Dryer. Pelatihan dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar secara nyata serta meningkatkan kemampuan masing – masing individu. Kegiatan ini difasilitasi dengan inovasi canting elektrik dan Batik Smart Dryer pada UMKM Batik Rama.

References

Akbar, F. B., Muslim, M. A., & Purwanto. (2016). Pengontrolan Nutrisi Pada Sistem Tomat. Jurnal Eeccis Vol. 10,, 20.

Balady, M. H. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Batik Banyuwangi Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi. Fenomena: Journal Of Indonesian Islamic Research.

Ikhwanul Qiram1, G. R. (2020). Peran Pemerintah Daerah Dan. E-Prosiding Pascasarjana Isbi Bandung, 1 - 28.

Mukaffi, Z. A. (2019). Strategi Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Kearifan Lokal: Studi Pada Sentra Industri Kerajinan Batik Banyuwangi. Research Repository.

Qiram, I., Buhani, & Rubiono, G. (2018). Batik Banyuwangi: Aesthetic And Technical Comparison Of Coastal Batik. Lekesan, 79 - 85.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Rizky Rahman Safitra, Ferdian Firmansyah, & Endi Sailul Haq. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BANJARSARI DENGAN INOVASI CANTING ELEKTRIK DAN BATIK SMART DRYER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI PADA UMKM BATIK RAMA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 74-84. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1078