TEKNOLOGI PLANT GROWTH PROMOTING RHICOBACTERIA UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI DAN KUALITAS BUAH NAGA

Authors

  • Irma Wardati Politeknik Negeri Jember
  • Triono Bambang Politeknik Negeri Jember
  • Rahmawati Politeknik Negeri Jember

Keywords:

teknologi, PGPR, produksi, kualitas, buah naga

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.  Mitra kegiatan pengabdian ini adalah petani buah naga yang tergabung dalam kelompok tani Buah Naga yang diketuai oleh Bapak Moklis yang mempunyai total anggota 15 orang dengan usaha di bidang budidaya tanaman buah naga. PGPR merupakan bakteri yang mendukung pertumbuhan produksi tanaman yang pembuatannya mudah dan murah tetapi belum diketahui  kegunaannya secara luas oleh masyarakat petani sehingga cocok diterapkan oleh mitra petani kopi rakyat di Desa Kamuning Lor Kecamatan Arjasa Jember. Produk PGPR yang dikembangkan diharapkan akan membuka peluang wirausaha baru di bidang produk PGPR yang memberdayakan sumberdaya alam sekitar. Tahap pelaksanaan kegiatan meliputi penyuluhan, pelatihan, demplot aplikasi di lapang, pendampingan dan evaluasi. Luaran yang dihasilkan adalah produk PGPR kemasan 1 liter, publikasi ilmiah, publikasi di media elektronik dan peningkatan pemahaman dan ketrampilan mitra dalam mengembangkan PGPR. Hasil yang telah dicapai melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah : 1) Petani mitra memperoleh tambahan wawasan, pengetahuan dan keterampilan terkait pemanfaatan dan pembuatan PGPR 2) Petani mitra berpeluang untuk menjadi wirausaha baru dalam hal produksi PGPR 3) Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat membuka peluang untuk dilanjutkan dalam bentuk kerjasama lainnya antara Masyarakat Kelompok Tani Buah Naga di Desa Kamuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember dengan Politeknik Negeri Jember.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. 2019. Kabupaten Jember dalam Angka. BPS Kabupaten Jember. Jember.

BPTP Jawa Barat. 2017. Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Naga. Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Naga (pertanian.go.id) [1 April 2021].

Cahyani, C.N, Yulia Nuraini dan Al Gamal Pratomo. 2018. Potensi Pemanfaatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dan Berbagai Media Tanam terhadap Populasi Mikroba Tanah serta Pertumbuhan dan Prosuksi Kentang. Jurnal Tanah dan Sumberdaya Lahan 5 (2): 887-899.

Desi, Y., Prima Novia, Asnurita. 2017. Karakter morfologi dan biokimia berbagai isolat rizobakteria dari rizosfer jagung (Zea mays). Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversiti Indonesia 3 (1): 1-5.

Humaidi, L. 2019. Teknologi Budidaya Buah Naga. Budidaya-Buah-Naga-Kepri.pdf (pertanian.go.id) [1 April 2021].

Mulyadi, B.R. 2018. Penggunaan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) Sebagai Agens Proteksi Dalam Mekanisme Ketahanan Terinduksi Terhadap Infeksi Soybean Mosaic Virus (Smv) Pada Tanaman Kedelai (Glycine Max L.) Varietas Anjasmoro. Sarjana Thesis, Universitas Brawijaya.

Munees, A. and Mulugeta, K. 2014. Mechanism and Applications of Plant Growth Promoting Rhizobacteria. Journal of King Saud University-Science 26 (1): 1-20.

Putri, S.A 2020. Arahan Pengembangan Agrowisata Berbasis Komoditas Buah Naga Di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Thesis. Insititut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Rachmawati, I. 2019. Tanam Buah Naga Organik di Banyuwangi yang Berakhir Manis. Kompas.com. Tanam Buah Naga Organik di Banyuwangi yang Berakhir Manis Halaman all - Kompas.com [2 April 2021].

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Irma Wardati, Triono Bambang, & Rahmawati. (2021). TEKNOLOGI PLANT GROWTH PROMOTING RHICOBACTERIA UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI DAN KUALITAS BUAH NAGA . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 142-149. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1086