PENERAPAN TEKNOLOGI FACUM FRAYING BERBASIS CONTROL GUNA MENINGKATKAN NILAI JUAL BUAH BANYUWANGI

Authors

  • Chairul Anam Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Herman Yuliandoko Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Sandryas Alief Kurniasanti Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Mohammad Abdul Wahid Politeknik Negeri Banyuwangi

Keywords:

Kripik Buah, Buah, Mesin Facum Fraying, Control Sistem

Abstract

Karakteristik buah bersifat musiman, mudah rusak setelah dipanen, harga jual mengalami penurunan signifikan saat panen raya apalagi era pandemi covid-19 menimbulkan masalah baru, kondisi tersebut perlu terobosan di buat kripik buah. Tahun 2005 ekspor kripik buah mencapai 16.151.250 kg (Departemen Pertanian 2009). Pembuatan keripik buah dengan system pemvacuman saat  penggorengan bertujuan untuk menghilangkan kadar air pada buah sehingga rasanya renyah, warna tidak rusak dan nutrisi yang di kandung tetap ada.

Tahapan pengabdian ini adalah melakukan survey untuk mengidentifikasi permasalahan mitra dan melakukan studi literatur untuk mendapatkan solusi atas permasalahan mitra. Selanjutnya merancang mesin yang dibutuhkan, kemudian melakukan uji coba mesin, melakukan penyuluhan, melakukan pelatihan pengoperasian alat, melakukan pendampingan berkala dan tahap terakhir adalah mengevaluasi manfaat alat tersebut terhadap mitra.  

Mesin facum fraying  berbasis control dirancang sebaikmungkin sehingga pengerjaannya lebih mudah, produksinya maksimal dibandingkan manual. Teknologi ini diharapkan mempercepat dan mempermudah untuk pembuatan kripik buah sehingga mendapatkan keuntungan maksimal.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Chairul Anam, Herman Yuliandoko, Sandryas Alief Kurniasanti, & Mohammad Abdul Wahid. (2021). PENERAPAN TEKNOLOGI FACUM FRAYING BERBASIS CONTROL GUNA MENINGKATKAN NILAI JUAL BUAH BANYUWANGI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 173-179. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1090