HILIRISASI PEMBUATAN VCO SEBAGAI IMMUNE BOOSTER DI KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Irma Harlianingtyas Politeknik Negeri Jember
  • Usken Fisdiana Politeknik Negeri Jember
  • Cherry Triwidiarto Politeknik Negeri Jember

Keywords:

kelapa, minyak, VCO, pelatihan, kesehatan

Abstract

Wuluhan menjadi daerah penghasil kelapa tertinggi di Kabupaten Jember. Tingginya potensi kelapa di Kecamatan Wuluhan tidak diimbagi oleh pemanfaatan pengetahuan maupun teknologi dalam mengolah buah kelapa. Daging buah kelapa dapat diolah menjadi minyak kelapa murni yang dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO). VCO mempunyai khasiat yang baik terhadap kesehatan antara lain dapat menurunkan berat badan, anti oksidan, anti virus, anti protozoa, anti bakteri, serta meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap penyakit serta mempercepat proses penyembuhan. Berdasarkan hal terebut VCO dapat menjadi immune booster di masa pandemi seperti saat ini. Pelatihan pembuatan VCO yang diberikan menggunakan metode basah yang dikombinasikan dengan metode sentrifugasi yang pada prinsipnya adalah mangaduk larutan kanil kelapa dengan kecepatan tinggi dan mendiamkan hingga terpisah antara lapisan minyak, protein, dan air. Pada kegiatan ini mitra juga diberikan penyuluhan cara pengemasan, manajemen usaha hingga teknis pemasarannya. Masyarakat setempat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Produk VCO yang dihasilkan masyarakat setempat berwarna bening dan tidak berbau, hal ini memenuhi kualitas VCO yang baik. Adanya kegiatan ini meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pembuatan VCO dan manfaatnya, terciptanya produk lokal, peningkatan kepercayaan diri dan motivasi mitra untuk berwiarusaha.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. (2019a). Kabupaten Jember Dalam Angka.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. (2019b). Kecamatan Wuluhan Dalam Angka.

Efendi, R. (2011). Kombinasi Pemberian Natrium Bisulfit (NaHSO3) dan Pengurangan Santan Dalam Pembuatan Kelapa Parut Kering. Jurnal Sagu, 10(01).

Fife, B. (2006). Coconut oil and health. ACIAR PROCEEDINGS, 125, 49.

Fisdiana, U., Fatimah, T., & Harlianingtyas, I. (2019). DIVERSIFIKASI OLAHAN PRODUK DAGING BUAH DAN LIMBAH AIR KELAPA PADA KELOMPOK PENGAJIAN AL-BAROKAH DESA SUMBERJAMBE-JEMBER. Prosiding, 3(1).

Ginting, W. L., Harahap, L. A., & Rohana, A. (2015). The Effect of Temperature Variation on Quality of Desiccated Coconut Dried in Desiccated Coconut Dryer. Jurnal Rekayasa Pangan Dan Pertanian, 3(3), 407–411.

Hadibroto, C., & Srikandi, W. (2006). Diet VCO. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hapsari, N., & Welasih, T. (2013). Pembuatan virgin coconut oil (VCO) dengan metode sentrifugasi. Jurnal Teknologi Pangan, 4(2).

Karta, I. W., & Sarasmita, N. M. A. (2013). ANALISIS VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DAN PENGEMBANGAN DIVERSIFIKASI PRODUKNYA PADA KWT BALICOCOS DESA TENGKUDAK KABUPATEN TABANAN. Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Palungkun, R. (1993). Aneka produk olahan kelapa. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rethinam, P. (2006). Asian and Pacific Coconut Community activities, achievements and future outlook. ACIAR PROCEEDINGS, 125, 15.

Rindengan, B., & Novarianto, H. (2004). Pembuatan dan pemanfaatan minyak kelapa murni. Penebar Swadaya, Jakarta.

Setiaji, B., & Prayugo, S. (2006). Membuat VCO Berkualitas Tinggi. Jakarta: Penebar Swadaya.

Wibowo, S. (2006). Manfaat Virgin Coconut Oil untuk kesehatan. Prosiding Konperensi Nasional Kelapa VI. Gorontalo, 16–18.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Irma Harlianingtyas, Usken Fisdiana, & Cherry Triwidiarto. (2021). HILIRISASI PEMBUATAN VCO SEBAGAI IMMUNE BOOSTER DI KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 180-187. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1091