INTRODUKSI DAN PELATIHAN MESIN PENGOLAH MINUMAN INSTAN DAUN KELOR

Authors

  • Yani Subaktilah Politeknik Negeri Jember
  • Mulia W. Apriliyanti Politeknik Negeri Jember
  • Siti Djamila Politeknik Negeri Jember

Keywords:

Introduksi, Pelatihan, Minuman Instan, Daun Kelor

Abstract

Desa Kemuning Lor terletak pada wilayah dataran tinggi dan sedang Kabupaten Jember yang terdiri dari persawahan dan tanah tegalan. Program pengabdian masyarakat ini difokuskan pada dua bidang permasalahan, yaitu potensi sumber daya alam yang belum termanfaatkan secara optimal dan pada lembaga desa.Solusi yang ditawarkan adalah  menyelesaikan masalah mitra dan mendukung pengembangan kawasan agroeduwisata dengan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan  karang taruna.Tahapan pelaksanaan kegiatanmeliputi pemberian  motivasi,wawasan,pengenalan dan pelatihan pengolahan minuman instan daun kelor menggunakan mesin pengolah mekanis, dan pelatihan teknologi pengemasan.  Minuman instan daun kelor termasuk minuman fungsional yang mempunyai peluang usaha dan bernilai ekonomis tinggi karena bahan baku murah dan proses produksi yang mudah.selain itu minuman instant kelor dapat mendukung peningkatan daya tahan tubuh. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu: survei, , diskusi, penyusunan materi penyuluhan, pembuatan mesin pengolah mekanis, introduksi dan pelatihan minuman instan daun kelor, pendampingan mitra,dan  evaluasi kegiatan. Penggunaan mesin pengolah mekanis meningkatkan kapasitas dan waktu pengolahan sebesar 3 kali lipat dibandingkan pengolahan manual. Pelatihan dan introduksi juga dapat meningkatkan wawasan akan penerapan teknologi dalam pengolahan pangan dan keterampilan karang taruna desa Kemuning Lor.

References

Djamil, A.M.(2017). Potensi Minuman Serbuk Daun Kelor (Moringa oleifera L.) sebagai Sumber Antioksidan. Skripsi. http://digilib.uin-.

Simbolan J.M, M Simbolan, N Katharina.(2007). Cegah Malnutrisi dengan Kelor, Yogyakarta: Kanisius.

Sinay, H dan Telehala, J. G.(2017). Kualitas Organoleptik Sirup Daun Kelor (Moringa Oleifera) Berdasarkan Variasi Konsentrasi Gula. Biopendix,Jurnal Bilogi,Pendidikan,dan Terapan, vol. 3, 2, 159-166.

Verma, A.R., Vijayakumar, M., Mathela, C.S., Rao, C.V.(2009). In vitro and In Vivo Antioxidant Properties of Different Fractions of Moringa oleifera leaves, Food Chem. Toxicol, vol. 47, 2196– 2201.

Widanti, Y.A, Nuraini, V, Ariyanti, S.D,(2019). Sifat sensoris dan Aktivitas Antioksidan Wedang Uwuh Kelor dengan Variasi Cara Penyeduhan., Research Fair Unisri, vol. 3, No. 1, 290-297.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Yani Subaktilah, Mulia W. Apriliyanti, & Siti Djamila. (2021). INTRODUKSI DAN PELATIHAN MESIN PENGOLAH MINUMAN INSTAN DAUN KELOR . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 195-202. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1093