PERANCANGAN ALAT PENGERING KULIT IKAN LELE DAN PATIN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOLAR CELL

Authors

  • YN Rohmat Politeknik Negeri Indramayu
  • B Badruzzaman Politeknik Negeri Indramayu
  • T Endramawan3 Politeknik Negeri Indramayu
  • WitriYani Politeknik Negeri Indramayu
  • CR Pahlevi Politeknik Negeri Indramayu

Keywords:

Kulit ikan, Panel surya, Inverter, Controller, Baterai

Abstract

Perancangan alat Pengeringan kulit ikan suatu pemanfaatan limbah kulit ikan menjadi kerupuk, dengan adanya proses  pengeringan yang efisien menggunakan alat pengering kulit ikan menggunkan sistem solar cell maka pengeringan lebih efesien. Penggunaan energi matahari yang di konversikan menjadi energi listrik dengan melalui perantara panel surya sangat efesien di bandingkan dengan penggunaan listrik PLN atau dengan pengeringan secara langsung. Pengeringan kulit ikan secara langsung di bawah terik matahari tidak stabil karena cuaca yang bisa saja berubah - ubah. Alat pengering kulit ikan menggunakan panel surya, dengan demikian panel surya dapat menyerap energi matahari dan di teruskan ke penyimpanan yaitu baterai, sebelum melalui baterai terdapat kontroler yang mengatur pengisian baterai, dikarenakan penggunaan lampu pijar tentunya di butuhkan inverter sebelum energi listrik masuk ke lampu, dan inverter akan mengubah arus dari DC ke AC, lampu akan menyala dan akan menghantarkan panas, dan mengeringkan kulit ikan. Pemilihan solar cell dapat dilakukan dengan menghitung kebutuhan daya output 416Wh, dan daya di bagi dengan waktu pengkonversian energy selama 5 jam, 416 : 5 = 83,2 maka bisa di tentukan panel surya yang di gunakan yaitu 120Wp. Kebutuhan baterai dapat dicari dengan menentukan kapasitas baterai dengan menggunakan rumus hukum ohm, sehingga dapat di tentukan kapasitas baterai yaitu 80 Ah.

References

Firdaus. (2016). PERANCANGAN DAN ANALISA ALAT PENGERING IKAN DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI BRIKET BATUBARA. Retrieved Juli 18 , 2021, from Journal Teknik Mesin.

Afrianti, H. (2008). Teknologi Pengawetan Pangan. . In A. B. (2015). Yogyakarta: Teknologi Tenaga Surya Global Pustaka Utama.

Anonim. (2014). Inverter DC-AC sebagai Optimasi Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Retrieved Juli 28, 2021, from Retreived from Magatrika UGM: UGM: https://ugmmagatrika.wordpress.com/2014/01/07/inverter-dc-ac-sebagai-optimasi-pemanfaatan-pembangkit-listrik-tenaga-surya/.

Boyd, C. A. (1979). Water Quality Management In Pond Fish Culture. Risearch And Development Serries No 22. In A. E. International Centre For Aquaculture. Alabama: Auburn University.

Ekadewi A, H. P. (2006). Disain Dan Pengujian Sistem Pengering Ikan Bertenaga SURYA. Universitas Kristen Petra.

Hafni Rahmawati, Y. P. (2012). RENDEMEN DAN KOMPOSISI PROKSIMAT GELATIN KULIT IKAN BELUT DAN LELE PADA KEADAAN SEGAR DAN KERING. Fish Scientiae Journal.

Hasibuan, A. R. (2019). EFISIENSI OUTPUT PANEL SURYA TERHADAP PERUBAHAN. Journal Tugas Akhir.

K, A. (2003). Fish Drying Using Solar Energy. Lectures And Workshop Exercises On Drying Of Argicutural And Marine Product. In R. (. ASEAN SCNRCER Adawyah, Pengelolaan dan Pengawetan Ikan (pp. 1-79). Jakarta: Bumi Aksara.

Sunny. (2021). Panel Surya. Retrieved Juli 18, 2021, from Retrieved from sunenergy: https://sunenergy.id/blog/panel-surya/.

Virgantari, F. (2011). Skenario Proyeksi Konsumsi Ikan Per Kapita Di Indonesia. Retrieved from Universitas Pakuan. Gray (1835): Http ://Www.Fishbase.Org/ Summary/Speciessummary.Php?Id=589. Html [19 Mei 2017]

Wempi Noviandi, A. H. (n.d.). RANCANG BANGUN SOLAR SEL PADA GEDUNG PERKANTORAN SEBAGAI ENERGI LISTRIK ALTERNATIF. 1-9.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

YN Rohmat, B Badruzzaman, T Endramawan3, WitriYani, & CR Pahlevi. (2021). PERANCANGAN ALAT PENGERING KULIT IKAN LELE DAN PATIN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM SOLAR CELL. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 212-219. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1095