PENERAPAN METODE DOMINASI PASAR PRODUK UMKM PADA FACEBOOK MARKETPLACE DI DESA KEMUNING LOR KECAMATAN ARJASA KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Adi Heru Utomo Politeknik Negeri Jember
  • Mukhamad Angga Gumilang Politeknik Negeri Jember
  • Endro Sugiartono Politeknik Negeri Jember

Keywords:

Dominasi Pasar, UMKM, Facebook Marketplace

Abstract

Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember memiliki beberapa UMKM yang  memproduksi beberapa produk unggulan. Pemuda desa yang tergabung dalam Karang Taruna KODPAR Desa Kemuning Lor berinisiatif untuk melakukan pemasaran produk unggulan UMKM Desa Kemuning Lor melalui pasar online. Pada awalnya, pemasaran produk unggulan tersebut dilakukan melalui media website, facebok marketplace, maupun toko online lainnya. Tetapi penjualan dengan berbagai modus tersebut masih juga belum bisa meningkatkan volume penjualan. Solusi yang dapat ditawarkan tim pengusul adalah penggunaan teknik dominasi pasar pada facebook marketplace, dengan cara memberikan pelatihan dan pendampingan kepada Karang Taruna KOPDAR agar dapat lebih optimal memasarkan produk UMKM melalui facebook marketplace. Langkah pelatihan dan pendampingan meliputi materi: (1) Pengenalan Facebook Marketplace, (2) Pengenalan Teknik Dominasi Pasar, (3) Praktik Membuat Banyak Akun (Ternak Akun), (4) Teknik Riset kata kunci (keyword), (5) Teknik Riset pasar berdasarkan lokasi, (6) Praktik Membuat deskripsi dan gambar produk sesuai segmentasi pasar, (7) Praktik membuat iklan produk di facebook marketplace, (8) Teknik berkomunikasi dengan calon pembeli sampai closing, dan (9) Teknik closing calon pembeli. Diharapkan setelah menggunakan teknik dominasi pasar ini terjadi peningkatan omset penjualan mencapai lebih dari 5000 bungkus produk per bulan.

References

Athey, Susan. Schumeter, Armin. Investment and market dominance. THE RAND JOURNAL OF ECONOMICS. 2001. Retreived from: https://www.jstor.org/stable/2696395?seq=1

Chen Le, Measuring Algorithms in Online Marketplaces, Northeastern University, 2017 Retreived from: https://repository.library.northeastern.edu/files/neu:cj82q9886

Kotler, P. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian Jilid 1 (Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga. 1999. Retreived from: https://onesearch.id/Record/IOS2862.UNMAL000000000019134

Marlinah, Lili. (2020). Peluang dan tantangan UMKM dalam upaya memperkuat perekonomian nasional tahun 2020 ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ekonomi, Vol 22, No. 2.

Rosita, Rahma. (2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis Vol. 9, No. 2

Utomo, AH, Denny TU, dan Endro S. Pembangunan Cyber Market untuk Menunjang Pemasaran dan Promosi Produk Unggulan pada Business Center Pondok Pesantren Al Hasan Panti Jember. J-Dinamika. 2019.

Utomo, AH, Utomo, DT, Husin. Pemasaran Produk Unggulan Kelompok Informasi Masyarakat “O’reng Rembangan” Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember melalui Web Portal Cyber Market untuk Menanggulangi Krisis Penjualan Terdampak Wabah Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember Tahun 2020. 2020.

Violetta, FR. Perencanan Lanskap Agrowisata di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Departemen Arsitektur Lanskap. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. 2018. Retreived from: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/94066

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Adi Heru Utomo, Mukhamad Angga Gumilang, & Endro Sugiartono. (2021). PENERAPAN METODE DOMINASI PASAR PRODUK UMKM PADA FACEBOOK MARKETPLACE DI DESA KEMUNING LOR KECAMATAN ARJASA KABUPATEN JEMBER. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 228-237. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1097