DIGITALISASI USAHA KELOMPOK TANI TEMBAKAU DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Rahma Rina Wijayanti Politeknik Negeri Jember
  • Oryza Ardhiarisca Politeknik Negeri Jember
  • Sumadi Politeknik Negeri Jember
  • Cherry Triwidiarto Politeknik Negeri Jember
  • Rediyanto Putra Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Aplikasi keuangan, Mesin cultivator, Tata kelola keuangan, Teknologi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan Skema Pengabdian PNBP yang dilakukan kurang lebih selama 8 bulan. Tujuan dari dilakukannya program pengabdian ini adalah agar dapat memecahkan masalah dari Kelompok Tani Rukun Makmur yaitu terkait kualitas produksi dan manajemen usaha. Program pengabdian ini memberikan dua solusi untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh mitra. Pertama, sistem penanganan produksi untuk meningkatkan nilai jual melalui ekonomisasi, efektivitas, dan efisiensi, maka perlu diperbaiki melalui introduksi mesin bajak (cultivator). Kedua, Paket pelatihan dan introduksi aplikasi keuangan untuk menciptakan akuntabilitas keuangan yang lebih sistematis, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu syarat pengajuan kredit usaha. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini menunjukkan bahwa program pelaksanaan pengabdian berjalan dengan baik, mitra berhasil menggunakan mesin cultivator dan aplikasi keuangan dengan baik. Selain itu, mitra kelompok tani rukun makmur juga merasa terbantu dengan adanya program pengabdian masyarakat ini di tengah pandemi seperti saat ini.

References

Direktorat Jendral Perkebunan. (2017). Statistik Perkebunan Indonesia “The Crop Estate Statistics of Indonesia” Tembakau 2016-2018.

Gumilar, A. S., Hidayat, Y. R., & Sukanata, I. K. (2019). Analisis Komparasi Biaya Dan Pendapatan Usaha Tani Bawang Merah Dataran Tinggi Antara Sistem Pengolahaan Tanah Cultivator Dengan Sistem Konvensional. Paradigma Agribisnis, 2(2), 13–21.

Indonesia, B. (2015). Pedoman Teknis Pencatatan Transaksi Keuangan Usaha Kecil Badan Usaha Bukan Badan Hukum Sektor Pertanian. Bank Indonesia.

Indonesia, I. A. (2009). Standar Akuntansi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. In Standar Akuntansi Keuangan (Vol. 6, Issue Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI).

Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi Konsep & Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Penerbit Erlang.

Warsono, S. (2010). Akuntansi ternyata Logis dan Mudah. Asgard Chapter.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Rahma Rina Wijayanti, Oryza Ardhiarisca, Sumadi, Cherry Triwidiarto, & Rediyanto Putra. (2021). DIGITALISASI USAHA KELOMPOK TANI TEMBAKAU DI MASA PANDEMI COVID 19. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 253-262. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1100