ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI DAN IDENTIFIKASI STRATEGI PROMOSI PRODUK SUSU SAPI KEDAI NYOESOE CAK NANANG REMBANGAN JEMBER

Authors

  • Titik Ismailia Politeknik Negeri Jember
  • Alfi Hidayatu Miqawati Politeknik Negeri Jember
  • Fitri Wijayanti Politeknik Negeri Jember

Keywords:

strategi promosi, produk susu, media development

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskiripsikan strategi promosi dan menganalisis kebutuhan peningkatan kualitas promosi Kedai Nyoesoe Cak Nanang yang berlokasi di Desa Kemuning Lor Kec. Arjasa Kab, Jember. Subyek penelitian yaitu Kedai Nyoesoe Cak Nanang yang memiliki usaha loper susu dan menjual produk susu seperti susu segar murni, susu rasa-rasa, yogurt, dan milkshake. Produk susu dipasarkan melalui kedai susu yang dikelola secara mandiri dengan keluarga. Data yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik Kedai Nyoesoe Cak Nanang, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kedai Nyosoe Cak Nanang telah melakukan promosi langsung (personal selling) baik secara offline maupun online (dengan memanfaatkan media sosial). Mereka membutuhkan jenis promosi lain berupa media cetak agar dapat menjangkau konsumen (pembeli) dari luar wilayah Rembangan dan Jember kota yang berisi informasi yang lengkap mengenai jenis produk yang ditawarkan, lokasi kedai, dan hal lain terkait Kedai Nyoseo Cak Nanang. Ke depannya, Kedai Nyoseo juga dapat mengembangkan media promosi lainnya berupa pembaruan media sosial dan pengembangan website yang menyediakan informasi susu Rembangan Jember.

References

Aminah, S. , Rondhi, M. (2019). Penerapan good dairy farming practice (GDFP) dan pendapatan usaha ternak sapi perah kemitraan dan mandiri di kabupaten Jember. JSEP Vol 12 No 3 November 2019, 34 - 48

Ariyanti, D. N., Soetriono, & Hani, E., S. (2014). Stategi pemasaran susu sapi perah rakyat di desa Kemuning Lor kecamatan Arjasa kabupaten Jember. Berkala Ilmiah Pertanian. Vol.x Nomor x Bulan Juni hlm x-x, 1-7

Azis, V., F., J. (2018). Karakterisasi sifat dialektrik susu sapi local Jember menggunakan sensor kapasitansi (Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jember). Skrips, 5-6

Ismailia, T., Dzulkifli, M., & Miqawati, A. H. (2019). Komunikasi Efektif Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Pokdarwis Damarwulan. Prosiding.

Kotler, P., & Armstrong, G., (2018). Principles of marketing. United Kingdom: Pearson, 424-427

Lamb, C., W., Hair., J., F., Jr., & McDaniel., C., (2018). MKTG11. Boston, MA, USA: Cengage Learning, 268-271

Nuprlilianti, N., P. (2016). Pengaruh personnel selling, brand image, word of mouth terhadap keputusan pembelian mobil. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen:Volume 5, No.1, 1-18

Roy, D., Ye., A., Moughan., P., J., & Singh., H. (2020). Composition, Structure, and Digestive Dynamics of Milk From Different Species—A Review. Front. Nutr. 7:577759. doi: 10.3389/fnut.2020.577759

Tiffany, J., (2021) Marketing strategy : overcome pitfalls and create effective marketing. New York, USA : Kogan Page Inc., 116-117

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Titik Ismailia, Alfi Hidayatu Miqawati, & Fitri Wijayanti. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI DAN IDENTIFIKASI STRATEGI PROMOSI PRODUK SUSU SAPI KEDAI NYOESOE CAK NANANG REMBANGAN JEMBER . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 278-286. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1103