PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN HOMESTAY DESA KEMUNINGLOR SEBAGAI PELUANG BISNIS PASCA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Muksin Politeknik Negeri Jember
  • Muhamad Farhan Politeknik Negeri Jember
  • Nantil Bambang Eko Sulistyono Politeknik Negeri Jember

Keywords:

Homestay, mutu pelayanan, SOP, Pemasaran

Abstract

Homestay di desa Kemuning Lor, sangat potensial sebagai alternatif sumber penghasilan. Namun demikian homestay masyarakat belum melaksanakan pengelolaan sanitasi yang baik dan mutu layanan yang terstandar. Kondisi tersebut disebabkan perilaku (pengetahuan, sikap dan keterampilan) masyarakat dan belum adanya Standart operational procedur (SOP) dalam mengelola sanitasi, mutu pelayanan serta pemasaran penginapan yang memadai. Tujuan kegiatan adalah mengidentifikasi kebutuhan spesifik pengembangan homestay, serta memfasilitasi peningkatan keberdayaan masyarakat pengelola homestay agar memiliki tingkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang memadai dalam mengelola homestay. Pendekatan kegiatan adalah pembelajaran andragogy dengan memfasilitasi partisipasi dan keterlibatan masyarakat. Metode kegiatan adalah studi pustaka, observasi lokasi, wawancara tidak terstruktur, pelatihan, dan pembuatan instrument belajar dan sosialisasi. Hasil dari kegiatan menunjukkan kebutuhan spesifik pengembangan homestay masyarakat adalah perubahan perilaku dalam mengelola dan memasarkan Homestay. Pelatihan telah meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat pada pengelolaan sanitasi dan mutu pelayanan, pengelolaan dan pemasaran homestay yang terstandar. Masyarakat bersedia dan berkomitmen untuk dilakukan pendampingan dan monitoring serta evaluasi pengelola homestay terpilih kepada kelompok pengelola homestay  dan masyarakat lingkar agrowisata. Sebagai upaya menjadikan usaha homestay sebagai salahsatu sumber penghasilan.

References

Desa Kemuning Lor. 2020. Profil Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.

Muksin. 2019. Handout Mata Kuliah: Perencanaan dan Evaluasi Penyuluhan. Jember: PPS Polije.

Muksin, D N Mutmainah, Sri Sundari, D Purwoko, dan Bustang. 2020. Institutional Dimension Levering Factor on Halal Tourism Sustainability in Banyuwangi. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Proceedings of the First International Conference on Social Science, Humanity, and Public Health (ICOSHIP 2020). Atlantis Press. Vol: 514. Pages: 134-136. DOI: 10.2991/assehr.k.210101.029.

Muksin, S L Sakdiyah, R Iskandar. 2020. Design of Program Objective Structure in Marine Ecotourism Development. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Proceedings of the First International Conference on Social Science, Humanity, and Public Health (ICOSHIP 2020). Atlantis Press. Vol: 514. Pages: 137-139. DOI: 10.2991/assehr.k.210101.030

Rahmawati I.R, Muksin, Rizal. 2016. Peran dan Kinerja Penyuluh Pertanian dalam Memberdayakan Peternak Ayam Petelur di Kabupaten Jember, Provinsi JawaTimur. Jurnal Penyuluhan, September 2016 Vol: 12 No. 2. ISSN: 1411-5549. DOI: 10.25047/jii.v15i3.11.

Saputra GB., Muksin, Muspita M. 2018. Pengembangan Agrowisata di Kecamatan Ledok Ombo. Jurnal Vo 2 No 4, 2018. Hal: 325-331. http://www.jepa.ub.ac.id. ISSN: 2614-4670 (p), ISSN: 2598-8174 (e)

Saputra GB., Muksin, Subagja H. 2017. Strategi Pemasaran Cerutu di PT Mangli Djaya Raya. Laporan Magang Kerja Pemberdayaan. Jember: Program Pascasarjana Politeknik Negeri Jember.

Wijayanti T, Hubeis M, Muksin. 2015. Marketing Strategies For Developing Agrotourism in Jember Regency. Indonesian Journal of Business And Entrepreneurship. Vol 1. No. 3 September 2015. Diperoleh dari: http://www.journal.ipb.ac.id. Diakses pada: 3 April 2021.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Muksin, Muhamad Farhan, & Nantil Bambang Eko Sulistyono. (2021). PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN HOMESTAY DESA KEMUNINGLOR SEBAGAI PELUANG BISNIS PASCA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 287-294. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1104