PEMANFAATAN BUAH NAGA PADA PEMBUATAN POMADE DAN YOGHURT GUNA MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT PLAMPANGREJO

Authors

  • M. Nico Agastya Maulana Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Yhinta Royanta Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Morisiana Widayanti Bahtiar Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Trias Ayu Laksanawati Politeknik Negeri Banyuwangi

Keywords:

Inovasi, Buah Naga, Pomade, Yoghurt, Plampangrejo

Abstract

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat Plampangrejo dalam mengolah buah naga mulai dari daging hingga kulit buah naga sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Agustus 2021, dengan mengambil sampel sekitar 22 responden dari masyarakat Plampangrejo sekaligus melakukan pendampingan tentang bagaimana cara pembuatan produk pomade dari ekstrak kulit buah naga dan yoghurt dari daging buah naga. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui peran serta masyarakat Desa Plampangrejo dalam menginovasi produk pomade dan yoghurt dari buah naga. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa peran masyarakat terhadap pengelolaan dalam berinovasi dari buah naga cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari inisiatif serta antusias masyarakat dalam mengolah produk pomade dan yoghurt dari buah naga. Sehingga melalui inovasi tersebut dapat  meningkatkan nilai jual buah naga.

References

Sudarmadji, S. (1997). Prosedur Analisa Bahan Makanan. Yogyakarta: Liberty.

Wahyuni, R. (2012). Pemanfaatan Buah Naga Super Merah (Hylocereus Costaricensis) Dalam Pembuatan Jenang Dengan Perlakuan Penambahan Daging Buah Yang Berbeda. Jurnal Teknologi Pangan, 4, 1.

Wanitchang, d. (2010). Maturity Sorting Index of Dragon Fruit. Journal of Food Engineering, 100(3), 409-416.

Winarno, F. (2004). Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Winarti, S. d. (2006). Olahan Biji Buah. Surabaya: Trubus Agrisarana.

Wirakusumah, E. S. (2002). Buah dan Sayur untuk Terapi . Jakarta: PT Penebar Swadaya.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

M. Nico Agastya Maulana, Yhinta Royanta, Morisiana Widayanti Bahtiar, & Trias Ayu Laksanawati. (2021). PEMANFAATAN BUAH NAGA PADA PEMBUATAN POMADE DAN YOGHURT GUNA MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT PLAMPANGREJO. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 295-300. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1105