DISEMINASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 2 ARJASA

Authors

  • Prawidya Destarianto Politeknik Negeri Jember
  • I Gede Wiryawan Politeknik Negeri Jember
  • Ely Mulyadi Politeknik Negeri Jember

Keywords:

pandemi, sekolah menengah pertama, media pembelajaran

Abstract

Kondisi pandemi telah mengubah banyak kebiasaan-kebiasaan manusia yang sebelumnya bebas untuk berpergian kemana saja, bertemu secara tatap muka dengan siapa saja, melakukan aktivitas kegiatan dimana saja, dan sebagainya. Banyak sektor yang terpengaruh, salah satunya sektor pendidikan yang tidak bisa dihentikan ini harus mengalami penyesuaian dalam pelaksanaannya. Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa yang terletak di desa Kemuning Lor, merupakan salah satu sekolah yang terdampak. Permasalahan yang dihadapi selama proses pembelajaran yang dilakukan secara daring ini adalah pengembangan dan pembuatan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan mudah dipahami siswa. Tujuan dari kegiatan ini peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan dan membuat media pembelajaran diharapkan kualitas belajar mengajar akan meningkat, dan siswa antusias untuk belajar walau secara daring. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode hybrid, yaitu kombinasi antara daring dan luring. Pada hari pertama lebih berfokus pada sharing, diskusi, serta demonstrasi. Kemudian dilanjutkan dengan praktek dari tutorial yang telah diberikan di hari kedua. Hasil dari kegiatan ini mulai terlihat pada tahap pendampingan dan monitoring berkala dimana sudah ada beberapa guru yang sudah mengimplementasikan teknologi dalam pengembangan media pembelajaran.

References

Anriani, N., Hidayat, S., & Yani Setiani. (2020). DIGITALISASI PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 390–393.

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121.

Pujiastuti, D., Idrus, A., & Emosda. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran PKn berbasis multimedia interaktif untuk SMP kelas VIII. Tekno-Pedagogi, 4(1), 1–6.

Suherman, A., Dimyati, E., Hermansyah, Melati, P., & Darojat, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Mentimeter dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada MGMP PPKn Kabupaten Garut. Jurnal PEKEMAS Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 51–56.

Sutarno, E., (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1.

Zulfa, D. R., & Huda, N. (2021). Efektivitas Media Mentimeter Pada Pemahaman Materi Bahasa Arab Era Pandemi Covid-19. Alibaba:Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 1–16.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Prawidya Destarianto, I Gede Wiryawan, & Ely Mulyadi. (2021). DISEMINASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 2 ARJASA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 318-325. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1108