PELATIHAN PENGEMASAN SAYUR HASIL PEKARANGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DI DESA KEMUNING LOR KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Damanhuri Politeknik Negeri Jember
  • Rindha Rentina DP Politeknik Negeri Jember
  • Jumiatun Politeknik Negeri Jember

Keywords:

paket sayur, pendapatan, pekarangan, potensi, produksi

Abstract

Pemanfaatan lahan pekarangan menjadi salah satu lahan yang potensial untuk dikembangkan di kawasan pemukiman padat penduduk. Kegiatan ini mendukung pemenuhan kebutuhan pangan keluarga. Mitra pengabdian masyarakat yang berlokasi di desa Kemuning Lor sudah memanfaatkan lahan pekarangan dengan baik. Dalam pengembangannya, mitra sudah mampu memproduksi sayur dan ikan pada tempat terbatas dan memasarkannya, akan tetapi hasilnya belum optimal. Hal ini disebabkan luasan lahan pekarangan yang sempit diperlukan upaya dan kreatifitas untuk pemanfaatannya. Tujuan dari pengabdian ini adalah memaksimal potensi produk pekarangan mitra dalam bentuk paket sayur. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan September 2021. Metode yang digunakan berupa ceramah, demonstrasi, diskusi dan praktek secara langsung mengenai pengemasan paket sayur. Berdasarkan hasil kegiatan Mitra dapat mempraktekkan teknik pengemasan paket sayur dan pengemasan sayur dengan bahan sekitar untuk menambah nilai jual produk. Edukasi mengenai pemanfaatan pekarangan dan peluang pemasaran melalui produk paket sayur menjadi tambahan skill baru mitra untuk meningkatkan pendapatkan keluarga.

References

Damanhuri., Pertami R.R.D., Jumiatun. (2020). Bertani di Pekarangan Sendiri (BERDIKARI) Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Selama Pandemi Covid-19 Di Dusun Rayap Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Pengabdian Masyarakat : Polije Proceedings Series, 4(1), 57–60.

Dea, TM., & Shofia, NA. (2011). Pengemasan Produk Sayuran Dengan Bahan Kemas Plastik Pada Penyimpanan Suhu Ruang Dan Suhu Dingin. Jurnal ilmu-ilmu Pertanian, 7(1) 26-40.

Komalawati dan Sarjana. (2019). Persepsi Pengunjung Terhadap Display Lahan Pekarangan Teknologi Pertanian Di Taman Agro Inovasi Bptp Jawa Tengah. Jurnal Riset Agribisnis dan peternakan, 4(2) 56-68.

Saddam M.A, Susilo H.A, Nurhayati. (2021). Urbanization level and its effect on the structure and function of homegarden (pekarangan) vegetation in West Java, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity 22(1) 173-183.

Sukenti K, Sukiman, Suripto, Rohyani IS, Jupri A.(2019).Optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan sebagai upaya dalam membantu ketersediaan pangan dan perekonomian masyarakat di desa Sukarema kabupaten Lombok Tmur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 2(1):97-101.

Tedjaningsih T, Suyudi, Sunarya Y, Nuryaman H.(2019).Rumah pangan lestari bagi ketahanann pangan keluarga tani Mendong. Jurnal Pengabdian Siliwangi 5(1).

Waryat & Yosi, H. (2020). Implementasi Jenis Kemasan Untuk Memperpanjang Umur Simpan Sayuran Pakcoy. Jurnal Ilmiah Respati, 11(1), 33-45.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Damanhuri, Rindha Rentina DP, & Jumiatun. (2021). PELATIHAN PENGEMASAN SAYUR HASIL PEKARANGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA DI DESA KEMUNING LOR KABUPATEN JEMBER. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 326-331. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1109