PENINGKATAN DAYA SAING UMKM PADA AGROINDUSTRI TAHU DI DESA KEMUNINGLOR KECAMATAN ARJASA KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Ardhitya Alam W Politeknik Negeri Jember
  • Rizal Perlambang CNAWP Politeknik Negeri Jember
  • Luluk Cahyo W Politeknik Negeri Jember

Keywords:

UMKM, Agroindustri Tahu, Alat Pemisah Kedelai dari Kulit Ari

Abstract

Pandemic Covid-19 yang telah melanda dunia memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perekonomian masyarakat dunia. Hal ini berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan sektor perekonomian Indonesia yang berada di sekitar 3,5 – 4,3 persen. Kondisi seperti ini mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari UMKM. Salah satu UMKM yang mengalami pertumbuahn dan perkembangan yang melambat adalah UMKM agroindustri tahu milik Bapak Mardi. Usaha yang sudah dijalankan selama sembilan tahun masih menggunakan proses produksi dengan menggunakan sarana dan prasarana sederhana. Kendala ini menghambat pertumbuhan dan perkembangan dari usaha agroindustri milik Bapak Mardi. Oleh karena itu tim dari Politeknik Negeri Jember memberikan pendampingan, arahan dan bimbingan untuk memajukan usaha agroindustri tahu Bapak Mardi. Salah satu dalam usaha pendampingan adalah dengan memberikan peralatan yang modern yaitu alat pemisah kulit ari dengan biji. Dengan menggunakan alat ini kapasitas kualitas dan kuantitas produksi dapat meningkat sehingga dapat tercipta efektifitas dan efisiensi dalam memproduksi tahu.

References

Anggra Fiveriati, Nuraini Lusi, A. K. (2020). Penerapan Teknologi Mixer Pengaduk Campuran Media Tanam Jamur Tiran (Buglog) Menggunakan Poros Berbulir Guna Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Produksi Di Dusun Krajan Desa Tegalsari Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke 6, Vol. 6 No, 10–17.

Bariah, C. (2020, March 21). Pengaruh Corona Terhadap Kehidupan Masyarakat. Serambinews. https://aceh.tribunnews.com/2020/03/21/pengaruh-corona-terhadap-kehidupan-sosial-masyarakat.

Cattiana, E. (2020, March 27). Terpukul Corona, Ini 5 Keluhan Para pelaku UMKM. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/03/27/190000026/terpukul-corona-ini-5-keluhan-para-pelaku-umkm.

Kementerian Koperasi dan UKM Repubik Indonesia. (2021). Perkembangan UMKM tahun 2018-2019. https://kemenkopukm.go.id/data-umkm/?L3aLeMNLxQFhmMk5YGnZPVfq5PBjMTzYNQjrcx3QD8xqKXljeP

Rahmawati, F. (2013). Teknologi Proses Pengolahan Tahu dan Pemanfaatan Limbahnya. In Teknologi Proses Pengolahan Tahu dan Pemanfaatan Limbahnya (pp. 2–12).

Wilyana, Siska, Ahwil Putra Munir, A. R. (2015). Rancang Bangun Alat Pengelupas Kulit Ari Biji Kedelai. Rekayasa Pangan Dan Pertanian, Vol. 3 No., 403–406.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Ardhitya Alam W, Rizal Perlambang CNAWP, & Luluk Cahyo W. (2021). PENINGKATAN DAYA SAING UMKM PADA AGROINDUSTRI TAHU DI DESA KEMUNINGLOR KECAMATAN ARJASA KABUPATEN JEMBER. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 346-353. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1112