EDUKASI BAHAN PAKAN ALTERNATIF DENGAN PRINSIP ZERO WASTE SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN PAKAN PADA PETERNAKAN SAPI PERAH DI DESA KEMUNING LOR - JEMBER

Authors

  • Theo Mahiseta Syahniar Politeknik Negeri Jember
  • Suluh Nusantoro Politeknik Negeri Jember
  • Mira Andriani Politeknik Negeri Jember
  • Erfan Kustiawan Politeknik Negeri Jember

Keywords:

Kemuning Lor, limbah pertanian, bahan pakan alternatif, sapi perah, zero waste

Abstract

Kecukupan jumlah dan mutu pakan secara langsung berkorelasi dengan produktivitas ternak. Kurangnya pengetahuan dan wawasan peternak sapi perah di Kemuning Lor-Jember terkait jenis dan kandungan nutrien berbagai bahan pakan alternatif asal limbah pertanian maupun industri dapat menyebabkan kurang optimalnya produksi dan reproduksi ternak hingga mengakibatkan penurunan pendapatan peternak. Oleh karena itu, edukasi bahan pakan alternatif dan aplikasi prinsip zero waste berbasis limbah pertanian dan industri perlu diberikan kepada peternak sapi perah di Kemuning Lor dan diharapkan mampu meningkatkan produktivitas ternak maupun produksi susu yang dihasilkan sehingga juga akan mampu meningkatkan kesejahteraan peternak. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di peternakan sapi perah yang beralamatkan di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember yang dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan berupa kegiatan penyuluhan hingga monitoring dan evaluasi. Tim pengabdian dan mitra mampu berkoordinasi dengan baik sehingga seluruh kegiatan dapat terakomodir dan berjalan dengan lancar. Peternak mitra menunjukkan antusiasme yang cukup besar dalam menerima edukasi bahan pakan alternatif yang telah diberikan. Peternak mitra diharapkan dapat menerapkan hasil edukasi tersebut untuk menciptakan kemandirian pakan di dalam peternakan sapi perah yang sedang dikelola.

References

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jember. 2020. Kabupaten Jember dalam Angka. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jember. Jember.

Marsetyo, 2008. Strategi pemenuhan pakan untuk peningkatan produktivitas dan populasi sapi perah. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Sapi perah Untuk Mendukung Percepatan Pencapaian Swasembada Daging Sapi 2008-2010. Kerjasama antara Universitas Tadulako dan Sub Dinas Peternakan, Distanbunak, Sulteng, hal 94-103.

Marzuki, A., Syahniar, T. M., Andriani, M., Nusantoro, S., & Kustiawan, E. (2021). Exogenous enzyme increased feed intake but not growth and feed efficiency of sheep fed edamame wastes. Food and Agricultural Sciences: Polije Proceedings Series, 3(1), 103-106.

Rahadi S. 2008. Pembuatan Amoniasi Urea Jerami Padi. Sulawesia Selatan.

Syahniar, T. M., Antari, R., Pamungkas, D., Mayberry, D. E., & Poppi, D. P. (2012). The level of tree legumes required to meet the maintenance energy requirements of Ongole (Bos indicus) cows fed rice straw in Indonesia. Animal Production Science, 52(7), 641-646.

Syahniar, T. M., & Subagja, H. (2018). Peningkatan kualitas pakan dan perbaikan manajemen produksi di peternakan sapi potong Bago Mulyo, Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Jember, 87-91.

Yani Y. 2011. Pemanfaatan Limbah Pertanian sebagai Pakan Ternak Ruminansia. Diakses pada http://portal.bangkabaratkab.go.id/content/pemanfaatan-limbah-pertanian-sebagai-pakan-ternak#:~:text=Jenis%20limbah%20pertanian%20sebagai%20sumber,%2C%20tanaman%20ubi%20jalar%2C%20dll.&text=Padi%20(beras)%20merupakan%20salah%20satu%20makanan%20pokok%20di%20Indonesia.&text=Jerami%20padi%20dapat%20dimanfaatkan%20sebagai%20pakan%20ternak%20ruminansia.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Theo Mahiseta Syahniar, Suluh Nusantoro, Mira Andriani, & Erfan Kustiawan. (2021). EDUKASI BAHAN PAKAN ALTERNATIF DENGAN PRINSIP ZERO WASTE SEBAGAI UPAYA KEMANDIRIAN PAKAN PADA PETERNAKAN SAPI PERAH DI DESA KEMUNING LOR - JEMBER . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 393-400. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1118