KIE KADER KESEHATAN DAN IMPLEMENTASI STEP-AP SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN STUNTING

Authors

  • Niyalatul Muna Politeknik Negeri Jember
  • Ida Nurmawati Politeknik Negeri Jember
  • Ervina Rachmawati Politeknik Negeri Jember

Keywords:

gizi sensitif, gizi spesifik, KIE, STEP-Ap, Stunting

Abstract

Desa Kemuning Lor beresiko mengalami stunting dengan jumlah sekitar 80-90 kasus didaerah atas. Hal ini disebabkan masyarakat masih kurang memahami pentingnya kesehatan, pola asuh bayi dan balita yang kurang tepat, seperti pemberian MPASI belum sesuai umurnya dan tepat gizi seimbang, ASI eksklusif, dan pentingnya seorang ibu hamil atau menyusui yang memenuhi kebutuhan gizi seimbangnya. Kader kesehatan yang memiliki peran dalam posyandu perlu mendapatkan pelatihan ketrampilan dalam memahami dan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) untuk membantu pelayanan kesehatan misalnya dalam pencatatan dan skrining diri masyarakat. Solusi yang diberikan pada pengabdian masyarakat dengan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) melalui pendekatan strategi intervensi gizi spesifik sensitif berbasis TI dan implementasi Stunting Early Prevention Application (STEP-Ap). Tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan pendampingan KIE dan implementasi STEP-Ap sebagai upaya pencegahan stunting. Tahap kegiatan yang dilaksanakan pada pendekatan intervensi gizi spesifik yaitu pendampingan dalam pemahaman pola asuh pemberian MPASI, PMT, dan pelatihan pembuatan video emo demo. Kemudian, pendekatan intervensi gizi sensitif dengan melakukan pengecekan sampel air bersih yang dikonsumsi, pelatihan kader kesehatan dalam implementasi STEP-Ap secara daring, penerapan KIE berbasis TI dan modul gizi seimbang, pola asuh dalam pemberian MPASI, video emo demo ASI Eksklusif, dan video pengolahan PMT menggunakan produk lokal.

References

Anggraeni, I., & Yanti, Y. (2020). Sistem Pemantauan Pertumbuhan Batita Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Dan Matematika, 17(1), 346–353.

Gubawa, A., & Abuzairi, T. (2020). Electronic System Design for Clinical Applications of Stunting Case.

Hanieh, S., Braat, S., Simpson, J. A., Ha, T. T. T., Tran, T. D., Tuan, T., … Biggs, B. A. (2019). The Stunting Tool for Early Prevention: Development and external validation of a novel tool to predict risk of stunting in children at 3 years of age. BMJ Global Health, 4(6), 1–12.

Kementerian kesehatan RI. (2019). Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM). Jakarta.

Kementerian kesehatan RI. (2019). Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta.

Lor, K. (2020). Profil Desa Kemuninglor. 1.

United Nations Children’s Fund, World Health Organization, W. B. G. (2018). Levels and Trends in Child Malnutrition: Key Findings of The 2018 Edition of The Joint Child Malnutrition Estimates. New York.

Yulidasari, F. (2013). Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) Sebagai Faktor Risiko Kejadian Stunting pada Anak

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Niyalatul Muna, Ida Nurmawati, & Ervina Rachmawati. (2021). KIE KADER KESEHATAN DAN IMPLEMENTASI STEP-AP SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN STUNTING . Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 420-427. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1121