RANCANG BANGUN APLIKASI RANGKAIAN RAGUM PENJEPIT PADA ALAT PERAGA / TRAINER SISTEM PNEUMATIK SEDERHANA

Authors

  • Badruzzaman Politeknik Negeri Indramayu
  • Felix Dionisius Politeknik Negeri Indramayu
  • Suliono Politeknik Negeri Indramayu
  • Rifki Hermawan Politeknik Negeri Indramayu
  • Guntur Ghifari Faktasyamsa Politeknik Negeri Indramayu

Keywords:

rancang bangun, ragum, alat peraga, pneumatik

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah bukan hal yang baru. Didalam setiap industri dituntut kerja cepat dan tepat dalam memenuhi kebutuhan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, tidak cukup hanya mengandalkan tenaga manusia saja, tetapi juga teknologi dan pengontrol yang lebih maju. Saat ini banyak peralatan-peralatan industri yang sudah dilengkapi dengan peralatan yang serba otomatis, baik itu peralatan bekerja secara mekanik, elektronik, elektrik, hidrolik maupun pneumatik. Ragum penjepit yang sering kita lihat adalah dengan menggunakan tenaga manusia yang kemudian menjadi masalah karena efisiensi waktu, tenaga, pengeluaran tentunya. Alat ini pada prinsipnya menggunakan tenaga dari udara bertekanan yang disalurkan melalui katup dan silinder sehingga udara bertekanan itulah yang nantinya akan memberi daya dorong kepada silinder untuk melakukan penekanan. Metode yang dilakukan dalam membuat sistem adalah menghitung 3 variabel uji yaitu Densitas Udara, Hidrostatik, dan Tekanan pada silinder serta pembuatan dan pengujian dari rangkaian ragum tersebut. Dari proses perancangan, pembuatan dan pengujian sistem tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

References

Purnawan. (2006). Desain Model Komponen Pneumatik untuk Media Pembelajaran Mekanisme Komponen Pneumatik, Jurnal INVOTEC Volume III, No. 9, Agustus 2006 : 116 – 124.

Anonim. (2016). Pengertian Tekanan Udara dan Macam-macam Alat Untuk Mengukur Tekanan Udara serta Konsep Tekanan Udara dalam Kehidupan Sehari-hari. Tersedia di https://bit.ly/3fTJsaR [Diakses pada tanggal 06 Agustus 2021].

Achmadi. (2021). Ragum : Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya. Diperoleh dari https://www.pengelasan.net/ragum/.

Wirawan Sumbodo, R. S. (2017). Pneumatik Hidrolik. Nganjuk: CV BUDI UTAMA.

Sularso, H. T. (1990). Pompa dan Kompressor : Pemilihan, pemakaian, Dan Pemeliharaan. Jakarta.

Achmad. (2019). Ragum. Tersedia di https://bit.ly/3lQQm4k [Diakses pada tanggal 05 Agustus 2021].

Sumarjana. (2019). Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Tersedia di: https://bit.ly/2UdSEPG [diakses pada tanggal 06 Agustus 2021]

Soenarto. (2005). Metodologi Penelitian Pengembangan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Makalah pada Pelatihan Nasional PPKP dan PTK, bagi dosen LPTK di Pualu Batam dan Depasar. Departemen Pendidikan Nasional.

Agus Sifa dan Badruzzaman, (2014), Modul dasar pneumatik : mata kuliah pneumatika dan hidrolik; ISBN 978-602-1043-03-5

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Badruzzaman, Felix Dionisius, Suliono, Rifki Hermawan, & Guntur Ghifari Faktasyamsa. (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI RANGKAIAN RAGUM PENJEPIT PADA ALAT PERAGA / TRAINER SISTEM PNEUMATIK SEDERHANA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 428-435. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1122