PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR KANDANG BURUNG PUYUH TERINTEGRASI BERBASIS IOT DI DESA DESA GENTENG WETAN

Authors

  • Refita Dinda Cahyani Putri Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Nita Rizqi Amalia Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Alfin Hidayat Politeknik Negeri Banyuwangi

Keywords:

budidaya, burung puyuh, kandang terintegrasi

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Genteng Wetan serta meberikan wawasan mengenai budidaya burung puyuh dengan sistem terintegrasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah sosialisasi, implementasi teknologi, penyuluhan dan monitoring. Hasil kegiatan penyuluhan berupa pengembangan wawasan masyarakat mengenai budidaya puyuh yang dengan sistem modern, fasilitas kandang puyuh otomatis, serta terbentuknya pusat percontohan kandang modern.  Sistem kandang otomatis yang diterapkan dapat memonitoring kondisi kandang secara jarak jauh serta dapat membersihkan kandang secara otomatis.

References

Amalia, N.R., Monikasari, D.P., dan Priyadi, D.A. (2021). Peningkatan minat mayarakat berbasis industri kreatif melalui pelatihan pembuatan batik tulis. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif Ke-6, 6(3) ; 26-33.

Fasa, F. (2012). Beternak ayam petelur untuk pemula. Yogyakarta: Dafa Publishing.

Jayanti, D.I. (2013). Analisa kadar amoniak di udara dan sanitasi peternakan serta keluhan kesehatan pada pekerja di peternakan ayam di desa sel limbat kecamatan selesai kabupaten langkat. (Skripsi). Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Jumriady, Sirajudin, A.S., dan Naharudin. (2019). Perancangan conveyor berdasarkan berat berbasis arduino. Jurnal Mekanikal, 10(2);1018-1024

Priyanto, R., Syarifudin, D., dan Martina, S. (2018). Perancangan model wisata edukasi di objek wisata kampung Tulip. Jurnal Abdimas BSI, 1(1).

Subekti, E., dan Hastuti, D. (2013.) Budidaya puyuh (coturnix coturnix japonica) di pekarangan sebagai sumber protein hewani dan penambah income keluarga. Jurnal Ilmu-ilmu Pertania, 9(1):1-10.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Refita Dinda Cahyani Putri, Nita Rizqi Amalia, & Alfin Hidayat. (2021). PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR KANDANG BURUNG PUYUH TERINTEGRASI BERBASIS IOT DI DESA DESA GENTENG WETAN. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(3), 458-465. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1126