PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS KEMASAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK PENYEDAP RASA CRUSTANESIA

Authors

  • Yasriani Y. Politeknik Negeri Samarinda
  • Nia Fitriana
  • Galang Aisa Aditya
  • Abdul Rajab Robi’i
  • Liana Putri Nur Anggraeni
  • Zainal Arifin

Keywords:

flavouring, packaging quality, price, product quality, purchase intention

Abstract

The potential of shrimp head waste can be used as a raw material for flavouring. Tablet-shaped flavouring innovations are produced and marketed. The purpose of this study was to determine the effect of price, product quality, and packaging quality on buying interest in flavouring from shrimp head waste. The number of samples studied was 35 people. Sampling was done by simple random sampling method. This research data collection method uses a questionnaire measured on a Likert scale. The instrument test in this study used validity and reliability tests. Data analysis was carried out using simple linear regression techniques using the Statistical Program for Social Science (SPSS). Hypothesis testing in this study using the F test and t test. The results of this study indicate that price, product quality, and packaging quality do not have a significant effect on buying interest simultaneously and partially for this flavouring product. So that efforts need to be made in the form of promotions to further introduce this product.

References

Dewi, A.G. 2021. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Sabana Desa Waru Induk di Perumahan Grand Parung, Kabupaten Bogor). Humanis. 1(2):173-189.

Fauzy, N.E.N., dan Rafikasari, E.F. 2020. PENGARUH HARGA, KEMASAN, KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PADA PRODUK “LE MINERALE”. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan. 20(02):266-284.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, T. dan Febriyanto. 2022. Pengaruh Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada UKM Maleo Lampung. Jurnal Manajemen Diversifikasi. 2(4):1020-1032.

KKP. 2020. Produksi Budi Daya Udang di Indonesia. URL: https://kkp.go.id/brsdm/sosek/artikel/39265-produksi-budi-daya-udang-di-indonesia. Diakses tanggal 10 Februari 2022.

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid I. Terj. Benyamin Molan. Jakarta.

Melinda, R. Yusuf, M., Nurrahman. 2022. Hubungan Kualitas, Harga Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tulang Muda Sapi Sinar. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS. Vol. 5:350-362.

Mubyl, M. dan Saskia, A.L. 2021. Desain Kemasan, Kualitas Produk, dan Harga dalam Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen By. Uwibama. Jurnal Mirai Manajemen. 6(3):112-115.

Nadiya, F.H. dan Wahyuningsih, S. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS. Vol. 3:1096-1104.

Perdani, C.G., Mawarni, R.R., Mahmudah, L., Gunawan, S. 2022. Prinsip-prinsip bahan tambahan pangan yang memenuhi syarat halal: alternatif penyedap rasa untuk industri makanan halal. Halal Riset. 2(2):96-111.

Wardani, H.S. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Muslim pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Yasriani Y., Nia Fitriana, Galang Aisa Aditya, Abdul Rajab Robi’i, Liana Putri Nur Anggraeni, & Zainal Arifin. (2024). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS KEMASAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK PENYEDAP RASA CRUSTANESIA. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(2), 96 - 101. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1403