PENILAIAN KINERJA PERSPEKTIF PELANGGAN PADA POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

Authors

  • Tawakkal PNUP
  • Eti Yusrianti
  • Rasyidah Nadir

Keywords:

Balanced Scorecard, Pespektif Pelanggan, Perspektif Finansial, Perspektif Internal Bisnis, Perspektif Inovasi dan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain penilaian atau pengukuran kinerja organisasi politeknik negeri Ujung Pandang dengan  pendekatan Balanced Scorecard. pengukuran kinerja selama ini hanya menekankan pada pengukuran  aspek keuangan yang hanya menilai tujuan jangka pendek dan mengabaikan asset tidak berwujud. Konsep desain pendekatan balanced scorecard digunakan untuk mengambarkan kinerja organisasi secara terstruktur dan komprehensif melalui empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses internal bisnis, dan perspektif inovasi dan pembelajaran.

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survey kuesioner berdasarkan skala likert dan mengunakan analisis statistik untuk mengukur dan mengambarkan hasil jawaban responden. Sampel penelitian akan ditentukan berdasarkan purposive sampling method yaitu pengambilan sampel bertujuan dilakukan dengan mengambil sampel dari populasi berdasarkan kriteria tertentu. Hasil Penelitian menunjukkan pengukuran kinerja perspektif pelanggan adalah tinggi untuk perspektif pelanggan internal (mahasiswa), pelanggan eksternal (alumni), dan pelanggan eksternal (perusahaan pemakaian) lulusan perguruan tinggi

References

Anggraini, Irviana dan Nurkholis, “Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT Rajawali 1 Unit PG Krebet Baru),” Universita Brawijaya, 2012.

Effendi, Rizal, “Pengukuran Kinerja Sektor Publik dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel),” Jurnal Ilmiah STIE MDP. Vol 1 No.2 Maret, 2012.

Handayani, Bestari Dwi, “Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada RSUD Kabupaten Kebumen”, Jurnal Dinamika Manajemen Vol 2, No. 1, pp 78-91, 2011.

Harnanto, J, Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman, Yogyakarta: BPFE, 2005.

Isroah, “Balanced Scorecard Sebagai Alat Evaluasi Kinerja Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No.1. Hal. 12 – 24, 2008.

Kaplan, Robert S dan David P. Norton, “ Using the Balanced Scorecard as a Strategic Management System Building a Scorecard Can Help Managers Link Today’s Action with Tomorrow’s Goals.” Reading In Management Accounting, Third Edition, 2001.

Laksana, Muhibudin Wijaya, Manajemen Pelayanan Publik, Jakarta: Pustaka Setia, 2015.

Luis, Suwardi dan Prima A. Biromo, Step by Step in Cascading Balanced Scorecard to Functional Scorecard, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Mahmudi, Manajemen Kinerja, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2015.

Mahsun, Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: BPFE, 2014

Manullang, Rizal R dan Fery Panjaitan, “Studi Kinerja Manajemen Kontemporer dengan Penerapan Balanced Scorecard pada Unit Produksi SMKN 1 Pangkalanbaru,” Jurnal Progresif Manajemen Bisnis STIE-IBEK Volume 15 Nomor 1, Februari 2017.

Mardiasmo, Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta: Andi, 2009.

_________, Otonomi & Manajemen Keuangan Daerah, Yogyakarta: Andi, 2018.

Ridla, Rasyid, “Analisis Balanced Scorecard pada Kinerja Perguruan Tinggi Swasta Islam di Kopertais Wilayah III Yogyakarta (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Islam Terpadu Yogyakarta),” UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016.

Rumintjap, Marisa Lidya, “Penerapan balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja di RSUD Noongan,” Jurnal Emba Vol. 1 No.3 Hal. 841-850, September 2013.

Rusmawati, Riana Putri, “ Pengukuran Kinerja RSU PKU Muhammadiyah Delanggu Menggunakan Elemen-Elemen Balanced Scorecard (Studi Empiris pada RSU PKU Muhammadiyah Delanggu)”, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Sari, Periana Mangida Sari, “Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Karyawan pada Rumah Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan.” Skripsi Universitas Medan Area, 2017.

Sibarani, Antoni dan Zahara, Nani Halima, “Implementasi Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja pada Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu,” Ekombis Review, 2013.

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Tawakkal, Eti Yusrianti, & Rasyidah Nadir. (2024). PENILAIAN KINERJA PERSPEKTIF PELANGGAN PADA POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(2), 389 - 398. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1434