PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS LIMBAH BATANG PISANG PADA KELOMPOK TANI PERUMAHAN BUMI SALAM SEJAHTERA 2

Authors

  • Herman Bangngalino Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Arifah Sukasri
  • Jeanne Dewi Damayanti
  • Nurfiansyah
  • Nur Amin Riyadi
  • M. Alfikri Akmal
  • Reny Angriani

Keywords:

Moncongloe, pupuk organik cair, limbah, batang pisang, berkebun

Abstract

Perumahan Bumi Salam Sejahtera 2 (BSS 2) adalah salah satu perumahan di Desa Moncongloe Bulu yang sebagian areanya merupakan area perkebunan. Untuk memanfaatkan lahan, beberapa warga yang tergabung dalam kelompok tani berinisiatif menggunakan lahan tersebut untuk berkebun. Sayangnya, kondisi tanah perkebunan kurang subur karena berupa tanah merah sehingga perlu mendapatkan perhatian yang lebih agar tingkat kesuburannya dapat ditingkatkan menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh di alam sekitar daerah perumahan.  Salah satu bahan yang banyak diperoleh di sekitar perumahan adalah batang pisang. Ekstrak batang pisang mengandung unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman. Pupuk organik berperan memperbaiki unsur fisik, kimia dan biologi tanah. Sementara itu, batang pohon pisang merupakan limbah yang pemanfaatannya masih belum optimal. Melalui kesepakatan bersama antara tim PKM dan mitra, dilakukan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan mitra yaitu dengan sosialisasi bahaya penggunaan pupuk anorganik dan pelatihan pembuatan pupuk organik dari limbah batang pisang.  Pemberian peralatan dan bahan yang dibutuhkan juga dilakukan agar mitra dapat terus membuat pupuk organik cair berbasis limbah batang pisang ke depannya. Dari hasil evaluasi, masyarakat sudah menerapkan pupuk pada berbagai tanaman dan terlihat perbedaan yang signifikan antara tanaman yang diberi perlakuan pupuk organik cair dan yang tanpa pemupukan.

References

Anikwe, M. A. N., Eze, J. C., & Ibudialo, A. N. (2016). Influence of lime and gypsum application on soil properties and yield of cassava (Manihot esculenta Crantz) in a degraded Ultisol in Agbani, Enugu Southeastern Nigeria. Soil and Tillage Research, 158, 32-38.

Efelina, V., Purwanti, E., Dampang, S., & Rahmadewi, R. (2018). Sosialisasi pembuatan pupuk organik cair dari batang pohon pisang di desa Mulyajaya Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. SENADIMAS.

Hakim, M. H., Rizki, M. F. A., Zahri, A. P., Fadila, M. N., Mustofa, M. F. A., Pradana, M. F. B., & Ilma, A. (2022). Pemanfaatan Limbah Batang Pisang Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair pada Masyarakat Desa Purworejo Kabupaten Blitar. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 213-217.

Kusumawati, A. (2015). Analisa Karakteristik Pupuk Kompos Berbahan Batang Pisang. Prosiding Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, Peran RISTEK dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Global. Universitas PGRI Yogyakarta. Diakses dari http://repository.upy.ac.id/317/1/1P1_Anna%20Kusumawati%20323- 329.pdf.

Sunarsih, L. E. (2018). Penanggulangan Limbah. Deepublish.

https://www.neurafarm.com/blog/InfoTania/Teknologi%20Pertanian/proses-yang-terjadi-dalam-pembuatan-poc-dengan-metode-tanpa-oksigen

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Herman Bangngalino, Arifah Sukasri, Jeanne Dewi Damayanti, Nurfiansyah, Nur Amin Riyadi, M. Alfikri Akmal, & Reny Angriani. (2024). PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS LIMBAH BATANG PISANG PADA KELOMPOK TANI PERUMAHAN BUMI SALAM SEJAHTERA 2. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(3), 272 - 279. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1475