PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN KOMPETENSI BIDANG KEAHLIAN OTKP PADA GURU-GURU SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Authors

  • Hirman Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Imasita
  • Andi Gunawan
  • Nahiruddin

Keywords:

Kompetensi Keahlian OTKP

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menyelesaikan masalah yang dialami oleh Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Negeri 1 Makassar adalah kurangnya pemahaman kompetensi bidang keahlian OTKP oleh sebagian besar guru produktif dan yang mengajar saat ini adalah guru baru yang lulus dari Program Pengalaman Kerja (PPPK) sementara guru PNS sebagian pensiun.

            Soal Uji Kompetensi Keahlian  (UKK) dikeluarkan oleh Direktur SMK terdiri dari 4 paket, dimana proses pelaksanaannya diarahkan ke komputerisasi. Namun, SMK Negeri 1 Makassar hanya memilih paket 3 dengan alasan siswa kurang mampu menyelesaikan soal UKK karena seluruh proses pengujiannya mengarah ke komputerisasi. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kompetensi keahlian OTKP yang mengacu pada pedoman teknis pelaksanaan UKK 2023.

             Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah meningkatkan kualitas lulusan SMK Jurusan OTKP agar daya serapnya di industri dan dunia kerja meningkat.

Metode pendekatan yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru bidang OTKP dalam bentuk ceramah, diskusi, demonstrasi, praktek, dan simulasi. Selain pelatihan, juga dilakukan pendampingan berupa praktek yang fokus pada penggunaan teknologi komputerisasi.

         Target luaran kegiatan ini: 1) Peningkatan kompetensi guru-guru di bidang keahlian OTKP. 2) Publikasi ilmiah pada Prosiding Sentrinov 2023. 3) Video kegiatan di kanal YouTube P3M PNUP dan Imasita Hirman

References

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019/2020). Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Instrumen Verifikasi Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian Tahun Pelajaran 2020/2021.

Direktorat Sekolah Menegah Kejuruan Direktoran Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2023 tentang Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Republik Indonesia Nomor Tahun 2017 tentang Penetapan Jenjang Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Administrasi Profesional.

Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021.

SMK Global Mandiri. (2019). Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran, https:// smkglobalmandiri.sch.id/otomatisasi-tata-kelola-perkantoran/ diakses 23 Maret 2021. [16:25].

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Hirman, Imasita, Andi Gunawan, & Nahiruddin. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN KOMPETENSI BIDANG KEAHLIAN OTKP PADA GURU-GURU SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(3), 454 - 462. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1498