ANALISIS LOKASI UNTUK OPTIMALISASI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT: STUDI KASUS DI SMKS ISLAM MANDIRI BOJONGGEDE

Authors

  • Neny Rosmawarni Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Rifka Dwi Amalia
  • Zatin Niqotaini
  • Nurul Afifah Arifuddin

Keywords:

Survey, Optimaliasi, Pengabdian, SMKS

Abstract

Dalam menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat, analisis lokasi memainkan peran krusial dalam memastikan keberhasilan dan dampak yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis lokasi yang komprehensif guna mengidentifikasi faktor-faktor penting yang dapat mendukung optimalisasi kegiatan pengabdian masyarakat di SMKS Islam Mandiri Bojonggede. Studi kasus ini mengintegrasikan aspek aksesibilitas, kebutuhan masyarakat dalam hal ini Guru dan Siswa di SMKS Islam Mandiri Bojonggede yang menjadi target dari kegiatan ini, potensi mitra, sumber daya lokal, dan potensi dampak dalam analisisnya. Melalui pendekatan ini, informasi yang diperoleh dapat digunakan sebagai dasar untuk merancang dan melaksanakan program pengabdian masyarakat yang relevan, efektif, dan berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang berharga bagi institusi dan pihak terkait dalam mengoptimalkan kegiatan pengabdian masyarakat di SMKS Islam Mandiri Bojonggede, serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat hubungan dengan mitra local (SMKS Islam Mandiri Bojonggede).

References

Anselin, L. (2014). Spatial econometrics: Methods and models. Springer.

Dewan Pendidikan Nasional. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2019 tentang Standar Nasional Pendidikan. Kemendikbud RI.

Fandy, F. F., & Kusumo, S. A. (2017). Analisis Keberlanjutan Proyek Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 1(1), 34-45.

Hartono, A., & Rachman, A. (2020). Analisis Spasial Dalam Penentuan Lokasi Optimal Fasilitas Kesehatan. Jurnal Inovasi Teknik Sipil, 9(2), 199-206.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rahman, M. S., & Hasan, A. (2018). Analisis Lokasi Optimal Pengembangan Pusat Pelayanan Kesehatan dengan Pendekatan Geographic Information System (GIS) di Kota Banda Aceh. Jurnal Geodesi Undip, 7(3), 225-236.

Sukmono, A. B., & Riani, E. (2021). Studi Analisis Lokasi Pusat Pendidikan Agama Islam dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di Kota Semarang. Jurnal Tata Loka, 23(1), 1-15.

Tumewu, D. G., & Sofianti, T. (2019). Analisis Kualitas Ruang Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 13-25.

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Neny Rosmawarni, Rifka Dwi Amalia, Zatin Niqotaini, & Nurul Afifah Arifuddin. (2024). ANALISIS LOKASI UNTUK OPTIMALISASI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT: STUDI KASUS DI SMKS ISLAM MANDIRI BOJONGGEDE. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(3), 586 - 595. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1514