UPAYA MENGOPTIMALKAN KEGIATAN KAJIAN RUTIN MASJID UWAIS AL-QARNI

Authors

  • Hafsah N Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Ahyar
  • Zaini
  • Irawan

Keywords:

Masjid UAQ, live streaming, wifi, internet

Abstract

Masjid Uwais Al Qarni ( UAQ ) berada dipinggiran utara kota Makassar, tepatnya di Jl. Manuruki Perumahan Batara Ugi Kelurahan Sudiang Raya Kecamatan Biringkanaya Makasar. Kegiatan di masjid tersebut selain melaksanakan shalat berjamaah waktu shalat wajib disetiap harinya, juga dilaksanakan Kajian,   Majelis Taklim dan Pengajian.  Kegiatan Kajian dan Taklim dilaksanakan setiap hari Ahad, dan untuk program perbaikan bacaan Al-Qur’an dilaksnakan setiap hari Rabu disetiap minggunya.  Peserta dari kegiatan-kegiatan ini tentunya para jamaah disekitar masjid tersebut, namun ada juga  jamaah yang bukan  dari sekitar lokasi masjid tersebut. Materi dari kegiatan tersebut terkadang ada yang berkesinambungan dari jadwal sebelumnya, sehingga jika tidak hadir jamaah tertinggal materi tersebut. Masalah lain yang biasa terjadi yaitu narasumber,  pengajarnya (ustadz ataupun ustadzah) maupun jamaah yang tidak bisa hadir mungkin karena terkendala jarak, waktu ataupun kondisi. Saat ini masalah tersebut tidak akan menghambat kegiatan di Masjid tersebut, kar ena Masjid UAQ sudah dilengkapi sarana jarigan wifi dan internet  serta yang dapat di siarkan langsung secara langsung. Adapun link untuk  live streaming  yaitu https://www.youtube.com/@MasjidUwaisAlQarni. Inilah hasil kegiatan Program Kegiatan Masyarakat yang telah di laksanakan di masjid UAQ. Adapun kegiatan ini mulai dari melakukan perancangan dan pemasangan jaringan internet, wifi untuk siaran lagsung di Youtube (live streaming).

References

Nasrullah, Ahmad Niam (2021) Peran masjid sebagai sarana pendidikan Islam di Masjid Al-Muqorrobun Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

DMI, Dewan Masjid Indonesia. https://www.krjogja.com/peristiwa/read/372778/dmi-channel- pendidikan-agama-islam-bagi-kaum-millenial.

Sirmayanti, dkk (2021). Aplikasi GMA-Net dan Internet-Care sebagai pendukung Program. Masjid Ramah Anak (MRA). Prosiding 5th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Politeknik Negeri Ujung Pandang (323-329).

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Hafsah N, Ahyar, Zaini, & Irawan. (2024). UPAYA MENGOPTIMALKAN KEGIATAN KAJIAN RUTIN MASJID UWAIS AL-QARNI. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(3), 830 - 835. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1544