PKM DASAWISMA DAHLIA 1 PANTAN, MAKALE TANA TORAJA DALAM PENYULUHAN PEMANFAATAN LIMBAH TERMOPLASTIK MENJADI ECOBRICK

Authors

  • Joice M Politeknik Negeri Ujung Pandang
  • Hb. Slamet Y
  • Jhon A
  • Elisabeth A
  • Nety K
  • Tirsa W

Keywords:

plastik, sampah, dasawisma, ecobrick

Abstract

Sampah dianggap sebagai musuh lingkungan karena memiliki sifat yang merugikan bagi makhluk lain di sekitarnya. Banyak dari masyarakat yang masih mengkonsumsi makanan dari kemasan plastik atau menggunakan sesuatu dari plastik sekali pakai. Sampah plastik ini merupakan sampah anorganik yang membutuhkan waktu kurang lebih 400 tahun untuk bisa terurai. Hal ini membuat sampah, khususnya sampah plastik semakin menumpuk jika dibiarkan begitu saja. Sebenarnya sampah dapat dimanfatkan menjadi sesuatu yang bernilai kembali dan menunjang perekonomian masyarakat. Di Kelurahan Pantan, Kecamatan Makale Tana Toraja , Tim PKM jurusan Teknik Kimia PNUP melirik kaum ibu dasawisma yang memiliki peranan menjaga kebersihan lingkungan dari limbah plastic dengan memberikan penyuluhan serta pengolahannya. Oleh karena itu, perlu program untuk mengedukasi mengenai tata cara dan pemanfaatan sampah agar dikreasikan menjadi barang yang berguna.Pengelolaan sampah ini didasarkan pada prinsip 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Pelaksanaanya dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan praktik. Kegiatan ini ditujukan untuk mengurangi sampah, mengedukasi, menambah keterampilan, dan memberi nilai ekonomis demi kesejahteraan masyarakat Kecamatan Makale Tana Toraja khususnya kaum ibu-ibu. Hasilnya, masyarakat dapat memberdayakan potensi yang ada agar lebih paham dan dapat menerapkan pengolahan sampah secara bijak.

References

Agarini AK, Aulanikma SS, Al Mumtahanah U. PELATIHAN PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK MENJADI PRODUK BARU DAN BERNILAI EKONOMIS DI KELURAHAN WATES. ABDIPRAJA J Pengabdi Kpd Masy. 2020 Sep 25;1(1):36.

Antico F, Wiener MJ, Araya-Letelier G, González Retamal R. Eco-bricks: A sustainable substitute for construction materials. Rev Constr. 2017 Dec 28;16:518.

Tribun-medan.com [Internet]. [cited 2023 May 18]. Belajar Bikin Ecobrick, Pengelolaan Sampah Plastik Berkelanjutan. Available from: https://medan.tribunnews.com/2021/04/22/belajar-bikin-ecobrick-pengelolaan-sampah-plastik-berkelanjutan

Scribd [Internet]. [cited 2023 May 18]. Makalah Ecobrick | PDF. Available from: https://id.scribd.com/document/589524148/MAKALAH-ECOBRICK

Rahendaputri C, Endrawati B, Wulandari M. PELATIHAN DAN PEMBUATAN ECOBRICK UNTUK MEMFASILITASI RUMAH BELAJAR SEKAR. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2020 Nov 2;4:460.

Puriana RH, Putri DMA, Maharani RS, Nursyam DM, Nisa K, Lubis NR. Pemanfaatan Sampah Anorganik Sebagai Produk Ecobrick dalam Menanggulangi Sampah di Desa Ketimang. J Pengabdi Masy Abdira. 2022;2(1):248.

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

Joice M, Hb. Slamet Y, Jhon A, Elisabeth A, Nety K, & Tirsa W. (2024). PKM DASAWISMA DAHLIA 1 PANTAN, MAKALE TANA TORAJA DALAM PENYULUHAN PEMANFAATAN LIMBAH TERMOPLASTIK MENJADI ECOBRICK. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(3), 885 - 890. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1552